... jika terumbu karang bagus, laut jernih maka ikan akan banyak."
Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi Korps Marinir yang menanam 8.000 terumbu karang di kawasan Pantai Dok II Kabupaten jayapura dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua TEA Hery Dosinaen di Jayapura, Minggu, menyatakan bahwa penanaman terumbu karang menjadi penting di Papua sebagai bentuk penyelamatan lingkungan hidup, terutama kawasan laut.

"Kegiatan ini sangat bagus, karena kita bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa terumbu karang yang rusak akibat bom dan pembuangan sampah, sehingga membuat ekosistem laut rusak," ucapnya.

Ia menimpali, "Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar bahwa terumbu karang merupakan masa depan bagi laut dan generasi penerus."

Ditegaskannya, ke masa depan Pemprov Papua bersama Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (Lantamal) X dan seluruh masyarakat harus bersama-sama menjaga lingkungan laut, terutama kehidupan terumbu karang di sepanjang pantai Papua.

"Atas nama Pemprov Papua, kami mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian terumbu karang," kata Dosinaen.

Komandan Batlyon Infantri (Danyonif) Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura, Letkol (Mar) Sunardi, menjelaskan bahwa kegiatan penanaman terumbu karang merupakan bagian dari gerakan nasional yang dibuat oleh Markas Besar TNI Angkatan Laut.

"Untuk kali ini kita melakukan penanaman terumbu karang sebanyak 8000 bibit, sebelumnya kita juga telah melakukan penanaman sebanyak 10.136 bibit di Sorong dan sekitarnya, Pantai Hamadi dan Kayu Pulo," jelasnya.

Menurut Sunardi, penanaman itu merupakan bentuk kepedulian Marinir terhadap masyarakat, sehingga pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat harus ikut menjaga terumbu karang karena sangat berguna untuk masa depan dari Papua maupun Indonesia.

"Semua harus menjaga terumbu karang, dan yang menjaga bukan hanya orang Papua saja yang menjaga, tetapi orang pendatang di Papua juga harus menjaga terumbu karang, jika terumbu karang bagus, laut jernih maka ikan akan banyak," demikian Sunardi.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015