... saya berharap bisa terserap di perkotaan dan menjadi solusi bagi penanganan sampah kota."
Bandung (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengapresiasi kehadiran instalasi insinerator hasil pengembangan Bandung Techno Park dalam program Daur Ulang (Dalang) Bersih.

"Selain bisa mengatasi sampah, insinerator ini bisa mengatasi penanganan sampah terlebih dikembangkan dalam sistem yang ramah lingkungan," katanya di sela-sela peninjauan program Dalang Bersih di Kampus Telkom University Dayeuhkolot Kota Bandung, Kamis.

Menurut Rini, tungku pembakaran sampah (insinerator) itu hendaknya terus dikembangkan dan diproduksi secara massal sehingga bisa menjadi solusi bagi masyarakat sesuai dengan semangat BUMN Hadir untuk Negeri.

Rini Soemarno hadir dalam acara itu dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri, dan program penanganan sampah Dalang Bersih menjadi tema tambahan memperingati 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada kesempatan itu, Rini juga melakukan uji coba insenerator Solair yang modelnya ditempatkan di salah satu sudut Bandung Teknopark kampus Telkom University.

"Bila alat ini bisa diproduksi massal, maka saya berharap bisa terserap di perkotaan dan menjadi solusi bagi penanganan sampah kota," ujarnya.

Menteri menyebutkan, sampah selalu menjadi persoalan, karena meningkatnya kegiatan masyarakat seiring membaiknya ekonomi menghasilkan sampah yang cukup banyak.

"Sampah yang semakin menumpuk tentunya menjadi masalah dan berdampak negatif, terutama bagi kesehatan," katanya.

Ia pun berharap, aksi BUMN Hadir untuk Negeri menjadi semangat berkelanjutan dalam sinergi BUMN di seluruh Indonesia, dan hadir mendekatkan diri kepada masyarakat untuk memberikan pemecahan masalah yang dihadapi rakyat.

Rini dalam kesempatan itu juga mendapat paparan tentang sistem penanganan sampah terpadu yang akan diterapkan di Desa Sukapura dan Cibodas, Kecamatan Dayeuhkolot, yang mampu menghasilkan biogas, pupuk organik dan bank sampah.

Para mahasiswa Telkom University dalam acara itu terlihat berebut bersalaman dan berfoto dengan Rini Soemarno yang berbaur dengan mereka, dan masyarakat yang saat itu hadir.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015