Jakarta (ANTARA News) - Google mengakhiri teki-teki nama dibalik inisial M dengan mengkonfirmasi bahwa Android M akan secara resmi dikenal sebagai Android Marshmallow.

Google memang terkenal menawarkan perangkat lunaknya dengan nama-nama penganan manis, mulai dari Eclair, Jelly Bean, KitKat, hingga yang terakhir Lollipop.

Android Marshmallow akan menjalankan Android 6.0, tidak seperti diperkirakan sebelumnya 5.2, dengan membawa sejumlah fitur baru untuk hadir pada perangkat baru atau perangkat yang sudah ada pada akhir tahun ini.

Seperti saingannya, iOS 9 Apple yang dikabarkan akan menambahkan sejumlah fitur "baru" yang telah tersedia di Android, Marshmallow akan menambah pilihan pembaruan yang akrab dengan iPhone 6.

Google dilaporkan akan menambah dukungan fingerprint. Tidak hanya untuk membuka "kunci" perangkat, fitur pemindai sidik jari itu juga akan mendukung sistem pembayaran online, terdengar mirip dengan fitur milik saingannya Apple Pay.

Untuk daya tahan baterai, Marshmallow akan dibekali dengan fitur Doze yang perangkatnya dapat dikondisikan "tidur lelap" saat tidak digunakan, seperti pada saat malam hari atau saat diletakan di meja kerja.

Doze tetap akan menampilkan pemberitahuan, lebih dari itu, fitur tersebut dapat secara otomatis meredupkan layar ponsel dan beralih ke mode penghematan baterai.

Google juga akan mengaktifkan asisten pribadi dalam Marshmallow melalui Google Now yang mirip dengan Siri Apple. Tidak hanya itu, Marshmallow akan memudahkan pengguna dalam mengunduh aplikasi dengan menyederhanakan sistem akses data perangkat.

Meski Google telah resmi menamai Android M dengan Marshmallow, tidak berarti bahwa perangkat lunak tersebut akan segera hadir pada smartphone atau tablet dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, Google meluncurkan Android Lollipop pada November tahun lalu. Android Marshmallow diharapkan akan mengikuti pola yang sama untuk memulai debutnya sekitar akhir Oktober hingga awal November.

Tidak seperti Apple yang meluncurkan sistem operasinya secara serentak untuk semua perangkatnya yang kompatibel, sayangnya, belum jelas apakah sistem operasi Android tersebut akan hadir pada semua jenis perangkat lama Android.

Namun, meskipun belum diketahui waktunya, sejumlah handset telah mengkonfirmasi akan mendapatkan update Marshmallow, antara lain  HTC One M9 dan One M8, serta Google Nexus 6 dan Nexus 5, demikian Digital Spy.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015