Jakarta (ANTARA News) - Chairman Standing Committee Meeting on Economic and Sustainable Development Asian Parliamentary Assembly (APA) sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menekankan tantangan ekonomi global saat ini tidak mudah namun dunia mengakui bahwa Asia merupakan salah satu kawasan dengan kekuatan ekonomi yang tangguh.

Demikian dikatakan oleh Fadli Zon dalam pidato Forum Standing Committee on Economic and Sustainable Development APA, dengan tema Linking Economic Growth to Sustainable Development Goals for Peace and Prosperity, Jakarta, Rabu.

"Kita semua memiliki pandangan yang sama bahwa dunia saat ini melihat Asia sebagai salah satu kawasan dengan kekuatan ekonomi yang sangat diperhitungkan," kata Fadli.

Di tengah tantangan ekonomi global yang tidak mudah, pertumbuhan ekonomi di Asia tetap tangguh dalam menghadapi tantangan tersebut.

"Meskipun demikian, Asia tetap harus bersiap siaga dengan isu penting yang harus segera diatasi, yakni terkait dengan adanya kesenjangan pendapatan (income disparity) yang akan membawa pada kemiskinan," lanjut Fadli Zon.

Fadli Zon menambahkan, Asia merupakan kawasan yang sangat tinggi tingkat kepadatan penduduknya, sehingga memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Asia dengan jumlah penduduk yang memiliki porsi 60% populasi dunia, merupakan kawasan yang harus sangat memperhatikan isu lingkungan dan energy. Saat ini Asia memberikan sumbangan 35% emisi karbon dunia.

"Peningkatan persentase yang patut kita waspadai bersama dan harus kita carikan solusinya bersama," katanya.

Di akhir pidato, Fadli Zon mengajak APA meningkatkan political will dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, demi keberlangsungan hidup masyarakat di Asia dan dunia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015