Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengamanatkan Pelaksana harian Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) Ajun Komisaris Besar Polisi Ayi Supardan untuk memperkuat konsolidasi internal.

"Jadikan satuan (internal) yang solid dan kerjasama dengan seluruh stakeholder," kata Tito di Jakarta Rabu.

Tito mengibaratkan Polres Tangerang Selatan seperti "bayi baru lahir" dengan status perkantoran pinjam dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan peralatan yang terbatas.

Tito mengakui sarana dan prasarana Polres Tangerang Selatan masih terbatas namun Plh Kapolres harus segera menjalin kerja sama yang kuat melalui komunikasi terutama hubungan horizontal maupun vertikal antara atasan dengan bawahan.

"Hanya dengan komunikasi bisa menyelesaikan semua masalah internal," tutur jenderal polisi bintang dua itu.

Selain itu, Tito juga menekankan Plh Kapolres Tangerang Selatan harus mengelola manajemen operasional, logistik, sumber daya manusia, administrasi, keuangan, sarana dan prasarana termasuk menjalin hubungan baik dengan instansi terkait seperti Pemkot, DPRD, TNI, kejaksaan dan tokoh masyarakat.

Tito pun meminta personil kepolisian di wilayah Polres Tangerang Selatan dapat beradaptasi dan menyesuaikan dengan lingkungan.

Mantan Kapolda Papua itu mengungkapkan kemungkinan Kapolres Tangerang Selatan akan dijabat polisi berpangkat Komisaris Besar (Kombes) mulai tahun depan.

"Tahun depan Insya Allah kita usulkan sambil penambahan anggota yang cukup Polres ini akan menjadi Polres Metro dan dijabat seorang Kombes," ucap Tito.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015