Surabaya (ANTARA News) - "Petra Parade 2015" yang digelar Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya pada 18-21 Agustus 2015 juga memberi kesempatan kepada para pelajar sekolah menengah atas (SMA) untuk merasakan kuliah melalui kegiatan "Branded Schooling Experience" (BSE).

"Dalam Open House Petra Parade 2015, kami membuka 24 kelas setiap harinya di setiap program studi untuk memberi kesempatan seluas-luasnya pada para siswa SMA untuk mencicipi bagaimana merasakan bangku kuliah melalui kegiatan BSE," kata Rektor UK Petra, Prof Rolly Intan, di kampus setempat, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan BSE tersebut dimulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.30 yang terbagi dalam enam paket dan dua "shift" (giliran) dengan pelaksanaan pada setiap hari.

Misalnya, di Laboratorium Bahan Gedung P UK Petra, para pengunjung bisa secara langsung praktek membuat batik pada pukul 11.10-12.30 dalam kelas Program Studi Desain Interior.

"Selain untuk para pelajar, kegiatan ini juga untuk orang tua serta masyarakat umum supaya mengenalkan berbagai jurusan yang ada di UK Petra dengan langsung mengunjungi Laboratorium sekaligus mencicipi kuliah," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap BSE akan membuat para pelajar tidak akan salah pilih jurusan saat kuliah nantinya, kemudian para orang tua juga mempunyai gambaran tentang program studi yang ada sehingga mereka tidak akan memaksakan kehendaknya pada sang anak.

Sementara itu, Ketua Umum Petra Parade 2015, Purnama E.D. Tedjokoesoemo, mengatakan untuk tema tahun ini merupakan kelanjutan tema tahun sebelumnya yaitu "Holistic Growth, Fruitful Life".

"Tema itu berarti hati dan rasa yang dilambangkan dengan sebuah pohon dan buah dengan mewujudkan kegiatan yang mengasah kemampuan pribadi masing-masing," katanya.

Pihaknya mengambil tema "Holistic Growth" dan "Fruitful Life" tentang bagaimana sebuah frase pertumbuhan hidup yang utuh, sehingga dapat membuahkan sesuatu yang berguna untuk kemudian dinikmati oleh orang lain yang menitikberatkan pada "Light - Integrity - Growth - Humility - Truth" (LIGHT).

"LIGHT yang dimaksud secara total akan bisa membuahkan hasil bagi orang lain dan menjadi berkembang secara keseluruhan yang tidak hanya sosial saja, akan tetapi rasa dan hati dengan ikin pohon dan buah serta kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan diri," katanya.

Dalam Petra Parade 2015, pihaknya menyajikan rangkaian acara, mulai dari pembukaan dan penutupan, Petra Olympiad, Green Bazar, Seminar Parenting, Giant Puzzle, Festival Rujak Manis, Festival Lampion, International Vaganza, Green Tote Bag, dan Branded Schooling Experience (BSE).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba "Cutte canvas totebag" bertemakan "Glow your fantasy" yang diikuti oleh 20 pelajar SMA dengan menyeleksi gambar atau sketch melalui online dari peserta sekitar 45 pelajar.

"Kami memilih tema tersebut karena para pelajar SMA ini akan beranjak menjadi seorang mahasiswa, sehingga apa yang dibayangkan di masa kuliah tersebut akan diaplikasikan melalui kanvas tas tote bag," kata salah satu panitia Cutte Canvas Tote Bag, Valensia Hesti Rosyendra. 

Pewarta: Indra S/Laily WAS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015