... pasti pangkatnya mayor jenderal...
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan, calon pengganti Panglima Kodam Jaya (saat ini), Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, tengah disiapkan. 

"Nominasinya masih disiapkan," kata Nurmantyo, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Sutomo saat ini merangkap jabatan sebagai komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD, jabatan yang diduduki seorang letnan jendera aktif. Dengan ini, Sutomo mendapat promosi. 

"Pasti TNI-lah, pasti pernah menjabat di TNI AD, pasti pangkatnya mayor jenderal," kata Nurmantyo, saat diminta memberi "bocoran" pada unggulan itu.

Dia juga mengatakan proses penggantian ini harus sesuai aturan yakni malalui mekanisme Dewan Kepangkatan Tinggi TNI.

Posisi komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD juga pernah dijabat Nurmantyo, yang menggantikan seniornya, Letnan Jenderal TNI Lodewijk Paulus. 

Baik Paulus ataupun Sutomo, sama-sama berkarir di lingkungan Korps Baret Merah alias Kopassus TNI AD.

Sutomo memiliki kepedulian tinggi pada aspek kemasyarakatan, di antaranya konsisten memperbaiki dan mengawal revitalisasi Sungai Ciliwung. Dia juga aktif mengembangkan calon moda transportasi sungai untuk dilayarkan di Sungai Ciliwung, yang dia namakan Airboat.  

Langkah ini mendapat dukungan nyata dan konsisten dari masyarakat setempat, yang mendapat manfaat ekologis, dan ekonomis dari kebersihan dan kelancaran aliran Sungai Ciliwung itu. 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015