Jakarta (ANTARA News) - Komisi VIII DPR RI mempertanyakan persiapan pemberangkatan jamaah haji yang kurang baik terutama masih adanya jamaah calon haji yang belum mendapatkan visa sehingga tertunda keberangkatannya.

"Faktanya, sampai hari ini masih banyak jamaah haji kloter pertama yang belum memiliki visa, padahal mereka sudah harus berangkat hari ini," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Padahal sebelumnya Menteri Agama yang menyatakan bahwa persiapan haji sudah 90 persen.

Menurutnya, apa yang disampaikannya adalah bukti dan fakta. "Karena laporan dari teman-teman Komisi VIII DPR RI yang berangkat melaksanakan tugas pemantauan dan pengawasan di berbagai embarkasi menemukan masalah tersebut," kata politisi Partai Gerindra itu.

Dengan kondisi faktual persiapan haji yang berbeda signifikan dengan pernyataan Menteri Agama , Sodik menilai, Menteri Agama terlalu tergesa-gesa memberikan pernyataan dan tidak memperoleh penjelasan utuh mengenai persiapan haji.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melepas kelompok terbang pertama jemaah haji Indonesia yang berangkat dari embarkasi Pondok Gede, Jakarta, Jumat pagi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015