Paris (ANTARA News) - Gol pada babak kedua yang dibukukan Blaise Matuidi membawa Paris Saint Germain (PSG) menang 1-0 di kandang Montpellier pada Jumat, ketika sang juara bertahan mempertahankan start sempurna mereka pada musim baru Liga Prancis.

Gol Matuidi pada menit ke-61 memberi PSG kemenangan yang layak mereka dapatkan untuk dominasi dan penciptaan peluang mereka, pada malam yang panas di Stade de la Mosson, lapor AFP.

Klub ibukota itu memenangi ketiga pertandingan pembukaan di musim ini, tanpa kemasukan satu gol pun, sehingga inilah start terbaik mereka di musim baru sejak 1999.

Dan hasil ini juga membuat mereka memperpanjang laju kemenangan beruntun mereka di Liga Prancis menjadi 12 pertandingan, yang berarti mereka kini hanya terpaut dua kemenangan lagi dari menyamai rekor yang ditorehkan Bordeaux pada 2009 ketika tim itu memenangi gelar.

Laurent Blanc merupakan pelatih tim Bordeaux saat itu dan tim PSGnya sekarang ini terlihat telah berada di atas rival-rivalnya di Prancis, meski di Montpellier mereka menghadapi lawan yang telah menelan dua kekalahan pada pertandingan pembukaan pertama tanpa berhasil mengemas satu gol pun.

"Hal terpenting adalah kemenangan tim dan tiga angka berturut-turut," kata pemain terbaik Matuidi kepada beIN Sports.

PSG kembali tidak diperkuat Zlatan Ibrahimovic dan rekrutan terkini Angel di Maria, sedangkan Marco Verratti absen dan mereka kehilangan Javier Pastore karena cedera pada fase awal pertandingan.

Matuidi menambahi, "Dengan fakta bahwa kami tidak diperkuat sejumlah pemain dan Javier harus keluar lapangan, hal itu memperlihatkan bahwa kami memiliki tim yang sangat bagus. Kami masih dapat melakukan yang lebih baik lagi, namun tiga angka adalah hal terpenting."

David Luiz nyaris membawa PSG unggul cepat, melalui tendangan bebasnya yang dapat digagalkan Jonathan Ligali yang mengawal gawang Montpellier.

Tim tamu kemudian mendapat hantaman ketika Pastore harus keluar lapangan karena terlihat menderita cedera betis saat pertandingan baru berlangsung sepuluh menit, posisinya kemudian diisi Adrien Rabiot.

Hanya ada sedikit peluang, di mana Ezequiel Lavezzi melepaskan tembakan melebar setelah memanfaatkan kesalahan Jonas Martin di tepi kotak penalti tujuh menit sebelum turun minum.

Edinson Cavani memasukkan bola ke gawang pada awal babak kedua namun dianulir karena offside, sebelum Kevin Trapp, rekrutan musim panas dari Eintracht Frankfurt, di sisi lain, dipaksa melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan tandukan Ramu Benzebaini.

Gol semata wayang tercipta pada menit ke-60, Maxwell bertukar operan dengan Lavezzi sebelum memberi umpan kepada Matuidi, yang sepakan kaki kirinya menaklukkan Ligali di tiang dekatnya.

Itu merupakan gol kedua dari dua pertandingan untuk gelandang Prancis yang tidak mengenal lelah itu, yang membuka gol saat mereka menang 2-0 atas Gazelec Ajaccio pada akhir pekan silam, dan mengamankan rekor klub yakni enam kemenangan tandang berturut-turut di strata tertinggi.

Pada Sabtu, runner up musim lalu Lyon menjamu Rennes sebelum Monaco, yang takluk 1-3 di markas Valencia pada pertandingan leg pertama playoff Liga Champions pada tengah pekan, menjamu Toulouse.

Marseille, yang menelan kekalahan pada dua pertandingan pembukaan, akan bermain di bawah asuhan pelatih baru asal Spanyol Michel saat mereka menjamu Troyes pada Minggu.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015