Medan (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Kota Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, penyebab kekakaran yang terjadi di Medan Plaza Jalan Iskandar Muda, Sabtu, pukul 02.00 WIB, belum diketahui penyebabnya dan masih sedang diselidiki petugas.

"Sampai hari ini (22/8) pukul 13.30 WIB, kobaran api masih belum bisa dipadamkan petugas pemadam kebakaran Pemkot Medan," katanya kepada wartawan di lokasi kebakaran itu, Sabtu,

Karena belum berhasil dijinakkan kobaran api tersebut, menurut dia, personel Polresta Medan, harus menunggu dulu dalam keadaan suasana tenang di tempat kejadian perkara (TKP).

"Kita belum bisa menyelidiki penyebab kebakaran atau asal-usul api yang menghanguskan hampir mencapai 80 persen bangunan Medan Plaza itu," kata Kombes Pol Mardiaz.

Di menyebutkan, untuk menunggu selesainya pemadaman api yang membakar bangunan Medan Plaza itu, pihaknya akan fokus lebih dahulu pada pengamanan TKP agar tidak dimasuki masyarakat.

Ratusan warga yang kelihatan menyaksikan peristiwa kebakaran itu, dilarang mendekati TKP, karena kobaran api masih berlangsung dan belum bisa dijinakkan petugas pemadam kebakaran.

Selain itu, di dalam gedung Medan Plaza itu, masih tampak api yang menyala dan dikhawatirkan dapat menimbulkan ledakan, karena di dalam bangunan banyak terdapat pakaian.

"Petugas kepolisian terus bekerja keras untuk menjaga segala lokasi maupun sudut agar masyarakat tidak bisa memasuki lokasi Medan Plaza yang masih terbakar dan menimbulkan suasana panas," kata mantan Kapolres Madina itu.

Mardiaz minta kepada rekan-rekan media massa agar dapat bersabar untuk menunggu penjelasan penyebab kebakaran tersebut, dan berikan waktu kepada petugas kepolisian untuk bekerja melakukan penyelidikan.

"Pengusutan mengenai penyebab kebaran Medan Plaza itu harus lebih teliti dan ekstra hati-hati, dan Polresta Medan akan secepatnya menuntaskan kasus tersebut," kata Kapolresta Medan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015