Solo (ANTARA News) - Persis berhasil merebut tiga poin penuh dengan menundukkan Persibangga Purbalingga dengan skor telak 5-1 pada pertandingan lanjutan Grup C Piala Kemerdekaan 2015 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang.

Persis melawan Persibangga yang disaksikan sekitar lima ribu penonton mayoritas pendukung tim tuan rumah berlangsung cukup seru dan sedikit lamban, meski kedua kesebelasan saling melakukan serangan ke pertahanan lawan.

Bayu Andra dan kawan-kawan pada babak pertama harus kebobolan terlebih dahulu gawangnya menit tiga dari hadiah tendangan pinalti yang dilakukan pemain striker Persibangga, Fernando Klau Gomes. Sehingga, persis ketinggalan 0-1.

Hadiah tendangan pinalti diberikan Persibangga tersebut karena beck Persis, Rohmad Sabani menjatuhkan salah satu pemain Persibangga di dalam kotak pinalti. Wasit Agus Joko asal magelang langsung menunjuk titik putih tendangan pinalti.

Persis yang ketinggal satu gol akhrinya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit10 melalui tendangan kaki Dedi Cahyono yang memanfaatkan bola kemelut di depan gawang Persibangga.

Persis yang mamp;u menyamakan kedudukan tersebut terus termotivasi dengan menaikkan tempo permainan sehingga mampu menekan pertahanan Persibangga. Kiper Persibangga, Suchaimin harus bekerja keras untuk mengamankan gawangnya.

Persis menambah gol untuk ungguli Persibangga pada menit 31 melalui tendangan Ainudin yang memanfaatkan umpan tarik dari Dedi cahyono, sehingga mengubah menjadi 2-1. Kedudukan ini, bertahan hingga babak pertama usai.

Persis memasuki babak kedua memasuki gelandang Andrid Wibowo untuk menggantikan Dedi Cahyono untuk menambah daya serang ke perthanan Persibangga.

Persis akhirnya menmbah gol menit 60 melalui tandangan Dimas Galih, sehingga kedudukan menjadi 3-1. Gol Persis berawal dari umpan silang ke depan gawang Persibangga yang dilakukan oleh Andrid Wibowo. Dimas Galih yang berdiri bebas langsung menyambut melakukan tendangan ke arah gawang dan tidak mampu diantisipasi kiper Suchaimin.

Persis yang terus melakukan tekanan ke pertahanan Persibangga, membuat pemain barisan lawan harus bekerja keras menghalau bola agar gawangnya tidak kebobolan lagi.

Namun, Persis kembali menambah gol melalui tendangan pinalti yanng dilakukan oleh Ainudin, sehingga kedudukan menjadi 4-1. Hadiah pinalti diberikan untuk Persis karena Ainudin dilanggar oleh kiper Suchaimin didalam kotak pinalti.

Bahkan, Persis membekukan kemenangan menjadi 5-1 pada menit 87 atas Persibangga melalui tendangan Andrid Wibowo yang berhasil lolos sendirian dan tinggal berhadapan dengan kiper Suchaimin, sekali sontekan bola masuk.

Sebaliknya, Persibangga sebenarnya mampu memperkecil kekalahan menit, tetapia tendangan keras yang dilakukan oleh Gunarya berhasil ditepis kiper Agung Prasetyo, sehingga kedudukan tetap bertahan 5-1 untuk Persis hingga babak kedua usai.

Wasit yang memimpin pertandingan antara Persis melawan Persibangga, Agus Joko (Magelang) mengeluarkan satu kartu kuning untuk kiper Persibangga Suchaimin.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015