... melintasi garis finis dengan catatan waktu 9,79 detik...
Beijing (ANTARA News) - Atlet Jamaika, Usain Bolt, memenangi gelar juara lari sprint 100 meter di kejuaraan dunia atletik di Beijing, Minggu; melintasi garis finis dengan catatan waktu 9,79 detik untuk menegaskan kembali statusnya sebagai orang tercepat di planet ini.

Infografis dari koran terkemuka nasional melukiskan, Bolt mampu berlari sprint 37,58 kilometer perjam, sementara rerata lelaki dewasa cuma 24 kilometer perjam. Bolt berlari sprint kalah cepat ketimbang kucing (47,68 kilometer/jam) atau hampir separuh kecepatan lari kuda yang 87,5 kilometer perjam. 

Pelari Amerika, Justin Gatlin, sebagai sprinter dalam dua tahun terakhir, finish di posisi kedua dengan waktu 9,80 detik dan meraih medali perak, sementara Andre de Grasse dari Kanada dan atlet Amerika Trayvon Bromell melewati garis finis bersama-sama di tempat ketiga dalam waktu 9,92 detik.

Bolt, juara Olimpiade hingga saat ini belum terkalahkan di nomor lari 100 meter atau 200 meter di enam kejuaraan utama dunia setelah kembali sejak 2007, meskipun ia sempat didiskualifikasi dari perlombaan yang lebih pendek di kejuaraan dunia Daegu pada tahun 2011.

Pelari berusia 29 tahun itu masih akan berupaya menyapu gelar juara secara berturut-turut dalam kejuaraan dunia di Beijing, setelah menang di Olimpiade 2008, untuk final nomor 200 meter yang dijadwalkan pada Kamis.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015