Abu Dhabi (ANTARA News) - Seorang pejabat senior Uni Emirat Arab (UAE), Minggu, mengatakan dari 347 calon yang terdaftar untuk pemilihan FNC (Dewan Nasional Federal) 97 di antaranya adalah perempuan, demikian menurut laporan WAM.

Pemilihan FNC akan digelar pada 3 Oktober.

Mohammed Gargash, Menteri Negara Urusan FNC, mengatakan tahun ini jumlah perempuan yang akan mencalonkan diri naik menjadi 27,95 persen tahun ini. Pada pemilu 2011 sebanyak 85 dari 468 calon adalah perempuan atau 18,16 persen.

Dalam pemilihan umum 2006 dan 2011, hanya satu perempuan terpilih, sementara delapan perempuan anggota FNC diangkat oleh penguasa tujuh keamiran di UAE.

Gargash memuji peningkatan jumlah perempuan yang ingin memberi sumbangan bagi proses politik dan masa depan negara Arab tersebut, demikian laporan Xinhua..

Ia mengatakan nama yang diumumkan pada Ahad bukan daftar akhir calon yang disetujui. Daftar akhir akan diumumkan Komite Pemilihan Umum Nasional pada 31 Agustus dengan penutupan masa pendaftaran, katanya.

Ia menambahkan, "Masing-masing calon akan menerima nomor rujukan yang harus digunakan dalam kampanye pemilihan umum mereka."

FNC dibentuk pada 1971 dan semua anggotanya ditunjuk oleh penguasai tujuh keamiran sampai 2006. Misi utama FNC ialah berkonsultasi dengan pemerintah UAE, membahas berbagai masalah di tingkat keamiran dan federal.

Sejak 2006, separuh anggota FNC dipilih sedangkan separuh lagi diangkat. Pemilihan anggota FNC diselenggarakan setiap empat sampai lima tahun untuk separuh dari 40 kursi guna meningkatkan keikutsertaan masyarakat umum dalam proses politik di Kerajaan Teluk itu.

Dalam pemilihan umum 2011, hanya 129.274 warga UAE atau 12 persen dari seluruh warga Keamiran tersebut memenuhi syarat untuk memberi suara. Dan hanya 28 persen pemilih yang memenuhi syarat menggunakan hak pilih mereka pada 2011.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015