Dengan Memasok Solusi Rekam Medis Elektroniknya pada Sejumlah Rumah Sakit Terkemuka di Asia



KUALA LUMPUR, Malaysia, 24 Agustus 2015 (Antara/PRNewswire) -- Telstra Health, salah satu divisi kesehatan dari perusahaan telekomunikasi dan teknologi terbesar asal Australia, Telstra Corporation, hari ini mengumumkan keberhasilan memenangkan tender untuk memasok sistem rekam medis elektronik rumah sakitnya ke Malaysia dan Thailand, sehingga menambah daftar konsumennya dan memperkuat posisinya di Asia dengan kantor cabang yang tersebar di Hong Kong, Malaysia, dan India.

 

Telstra Health mengembangkan berbagai solusi teknologi kesehatan dengan mengintegrasikan beragam solusi kesehatan elektronik terkemuka seperti CloudMed Arcus Hospital Information System (Arcus) - sistem perawatan pasien terintegrasi yang menyediakan solusi rekam medis tersentralisasi untuk jaringan rumah sakit yang tersebar di banyak lokasi.

 

Arcus telah diinstal di Sunway Medical Centre group, Penang Adventist Hospital group dan Divisi Kedokteran Barat dan Kedokteran Tiongkok Tradisional Tung Shin Hospital di Malaysia. Selain itu, solusi ini pun telah digunakan di Khon Kaen University Hospital di Thailand, yang didistribusikan oleh distributor resmi, Convergence Systems.

 

Managing Director anak perusahaan Telstra Health, CloudMed dan GM Health Applications, Jim Flynt, menyatakan kalau solusi perawatan kesehatan yang canggih, efektif, dan efisien semakin dibutuhkan di seluruh Asia, seiring dengan anggaran industri kesehatan di kawasan ini yang diperkirakan naik dari yang sebelumnya sebesar 1,34 triliun dolar AS pada 2013 menjadi 2,21 triliun dolar AS pada 2018, mengingat semakin meningkatnya jumlah populasi dan risiko penyakit kronis di kawasan ini.

 

"Arcus dirancang untuk memudahkan pekerjaan dokter, perawat, dan apoteker di dalam menyembuhkan para pasien, dengan cara memangkas waktu pengerjaan pengisian dokumen-dokumen dan mengalokasikannya untuk memaksimalkan tugas utama mereka - merawat para pasien," ujar Flynt.

 

"Solusi ini sangat lah fleksibel dan dapat beroperasi dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Thailand, dan Mandarin di banyak lokasi rumah sakit sekaligus, dalam waktu dekat, akan dapat melakukan perekaman data kedokteran Barat dan Tiongkok tradisional.

 

"Meskipun fokus utama kami adalah Australia, ekspansi kami ke pasar Asia menandakan lompatan besar kami untuk mewujudkan target kami sebagai perusahaan penyedia solusi kesehatan terkemuka di dunia. Industri kesehatan Australia sendiri memiliki sejumlah permasalahan yang memerlukan solusi segera - seperti kebutuhan untuk mendigitalisasi dan mengotomasi proses pencatatan kesehatan yang kompleks dan berbagi informasi kesehatan secara langsung - yang notabene adalah permasalahan yang sama yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia.

 

"Untuk menjawabnya, CloudMed, anak perusahaan Telstra Health, telah mengakuisisi sejumlah aset pengembang piranti lunak kesehatan terkemuka asal India, IdeaObject, pada Desember lalu. Solusi Cloud Hospital Information System mereka telah digunakan oleh lebih dari 250 rumah sakit di seluruh Asia. Dengan keberhasilan kami memenangkan sejumlah proyek ini, kami siap untuk merengkuh pertumbuhan yang lebih pesat lagi melalui kantor cabang kami di Hong Kong, Kuala Lumpur, dan Chennai," ungkap Flynt.

 

Managing Director Sunway Group Healthcare Services, Lau Beng Long, menyampaikan, "Arcus akan menjadi solusi penggunaan tablet pertama bagi para dokter, apoteker, dan perawat untuk mengoptimalkan mobilitas dan fleksibilitas mereka dalam merawat para pasien, baik yang rawat inap maupun rawat jalan. Solusi ini juga akan menjadi alat yang tak terpisahkan untuk mengkonsolidasikan catatan-catatan konsultasi medis dan resep pasien di akhir kunjungan pasien."

 

CEO dan Presiden Penang Adventist Hospital, Dr Wesley Toh, mengatakan, "Dengan hadirnya solusi ini, seluruh divisi rumah sakit kami tak hanya akan dapat dengan mudah beroperasi secara online dan menjadi bagian dari ekosistem perawatan kesehatan kami, baik penggunaan di dalam atau di luar lingkungan rumah sakit, tapi juga memungkinkan kami untuk mendapatkan gambaran holistik dari instansi rumah sakit tersebut," ujar Dr Wesley.

 

Administrator Tung Shin Hospital, Chung King Keong, mengatakan, "Visi Telstra untuk menciptakan sistem perawatan kesehatan yang terintegrasi bersinergi dengan sempurna dengan visi kami. Mencatat, mendigitalisasi, dan membagi informasi klinis dan administratif dapat menciptakan perawatan kesehatan yang lebih pintar, lebih aman, dan lebih efisien," ujar Chung.

 

Telstra Health juga baru saja mengakuisisi perusahaan analitik kesehatan asal Inggris, Dr Foster, pada bula Maret, yang kini melayani konsumen di 10 negara diantaranya Inggris, AS, Italia, dan Spanyol.

 

Tentang Telstra Health

 

Telstra Health adalah penyedia solusi kesehatan elektronik yang berambisi untuk menciptakan sistem kesehatan yang lebih baik bagi para pasien, penyedia layanan, dan asuransi kesehatan. Telsra Health berambisi untuk menjadi mitra pilihan dan bekerjasama dengan para pakar medis, perusahaan kesehatan, pemerintah, penyedia dana, seta perusahaan kesehatan elektronik paling inovatif dan terbaik di dunia untuk merancang masa depan dimana segala solusi kesehatan elektronik saling terintegrasi guna menciptakan sebuah sistem perawatan kesehatan yang seutuhnya baru dan berbeda.

 

Telstra Health adalah salah satu divisi bisnis Telstra Corporation, perusahaan telekomunikasi terbesar di Australia. untuk informasi lebih lanjut, kunjungi  www.telstra.com/health

 

 

Kontak media:

Cath Harris

Phone: +61-477-747-176Â

Email:media@team.telstra.com

www.telstra.com.au/abouttelstra/media-centre

 

Logo - http://photos.prnasia.com/prnh/20150821/8521505440

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015