Bogor (ANTARA News) - Harga jual ayam potong di pasar tradisional di Kota Bogor, Jawa Barat, masih tinggi, berkisah Rp40 ribu per kilogram, sehingga membuat penjualan alam menjadi lesu.

Pantauan Antara di pasar tumpah Jalan MA Salmun dan Pasar Anyar, Senin, sejumlah pedagang sudah terlihat berjualan, namun jumlahnya tidak terlalu banyak dari biasanya.

"Harga sekarang Rp40 ribu per kilogram, mau beli berapa? bisa kurang cuma Rp39 ribu saya kasih," kata Siti pedagang ayam di pasar tumpah MA Salmun.

Menurut Siti dia sudah berjualan sejak Minggu kemarin. Namun karena harga jual masih tinggi, pembelil masih sepi dari biasanyanya. Pembeli hanya datang dari pelanggan yang membutuhkan ayam untuk rumah makan atau warung makan lainnya.

"Masih mahal, masyarakat hitung-hitungan mau beli ayam. Cuma pelanggan saja yang beli itupun ngak banyak," kata Siti.

Selain di pasar tumpah MA Salmun, harga jual ayam di lantai dasar Pasar Anyar atau Kebon Kembang juga tidak jauh berbeda dengan harga di luar pasar berkisar antara Rp40 hingga Rp45 ribu per kg.

Kondisi ini membuat Edi (50) pedagang sayur keliling di Jalan Menteng tidak berani membeli ayam untuk dijual lagi ke pelanggannya di rumah-rumah.

"Sudah seminggu saya ngak berani jual ayam, harganya tinggi betul. Takut ngak ada yang beli," kata Edi yang sudah berjualan sayur selama sepuluh tahun.

Akibat mahalnya harga ayam, Edi hanya menjual sayuran saja, sehingga membuat dagangannya menjadi lesu. Iapun juga kesulitan menjual ikan, karena terkena dampak kenaikan juga.

"Semua serba mahal, ikan asin juga ikutan naik, walaupun kenaikannya tidak semahal ayam," kata dia.

Mahalnya harga ayam juga terjadi di Pasar Citereup. Menurut Arif Pramana, pengusaha baso bakar asal Sukaraja, harga jual ayam di pasar tersebut berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per kg.

"Hari ini saya beli ayam untuk bahan baku baso bakar di Pasar Citereup masih diharga Rp45 ribu per kg," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015