Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggandeng Pemerintah Kota Rotterdam, Belanda, dalam proyek reklamasi pulau di sepanjang pantai utara Jakarta.

"Dalam proyek reklamasi pulau nanti, kita berencana untuk melibatkan mereka (Rotterdam). Ada beberapa pulau yang kira-kira bisa mereka kerjakan," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai menerima kunjungan Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, dalam proyek reklamasi itu rencananya ada tiga pulau yang dibangun bekerja sama dengan Pemerintah Kota Rotterdam, yaitu Pulau O, Pulau P dan Pulau Q.

"Ketiga pulau tersebut rencananya akan dijadikan sebagai pusat logistik, dan bukan hanya untuk Jakarta, tetapi juga daerah sekitarnya seperti Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah," ujar Basuki.

Dia menuturkan Pemerintah Kota Rotterdam memiliki banyak pengalaman dalam menangani masalah banjir dan rob. Dia pun mengaku ingin mencontoh konsep pembangunan pelabuhan yang dilakukan Rotterdam.

"Rotterdam itu banyak sekali pengalamannya, termasuk dalam hal reklamasi yang mereka lakukan di Rotterdam. Selain itu, kita juga ingin punya pelabuhan yang besar seperti di Rotterdam," tutur Basuki.

"Pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok serta reklamasi pulau itu kedepannya akan membantu rencana pembangunan tol laut. Makanya, nanti kita bicarakan lagi konsep kerja samanya," katanya.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015