Kami menempatkan petugas di Kedubes Arab Saudi di Jakarta untuk mempercepat proses pengurusan visa."
Boyolali (ANTARA News) - Sebanyak 734 jemaah calon haji Embarkasi Solo, Jawa Tengah, belum menerima visa atau keterangan izin masuk negara tujuan yang masih diurus di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

"Jumlah calon haji Embarkasi Solo hingga hari keempat pemberangkatan ke Tanah Suci ini yang masih menunggu proses pengurusan visa tinggal 734 jemaah," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embakasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin.

Ia mengatakan, jumlah seluruhnya jamaah calon haji Embarkasi Solo sejak pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama yang belum terima visa sebanyak 3.000 orang.

Namun, PPIH Embarkasi Solo terus melakukan upaya mempercepat proses pengurusan visa, sehingga Senin ini mereka yang belum menerima tinggal 734 calon haji.

Menurut Gentur, pihaknya mencatat jumlah jemaah calon haji hingga pemberangkatan rombongan kloter sembilan asal Kabupaten Banjarnegara dan Kudus ini, yang tertunda sebanyak 118 orang.

Kendati demikian, PPIH Embarkasi Solo telah menempatkan petugas di Jakarta untuk mengurus proses penerbitan visa untuk calon haji agar segera selesai seluruhnya.

"Kami menempatkan petugas di Kedubes Arab Saudi di Jakarta untuk mempercepat proses pengurusan visa. Kami berharap sekitar dua hari ke depan masalah visa sudah dapat diselesaikan seluruhnya," katanya.

Selain itu, ia mengemukakan, dengan keterlambatan visa bagi jemaah tersebut juga mempengaruhi jadwal penerbangan calon haji Embarkasi Solo menjadi terlambat sejak kloter empat hingga sembilan, rata-rata antara satu hingga dua jam dari waktu yang ditetapkan.

PPIH Embarkasi Solo, menurut dia, hingga Senin siang ini telah memberangkatkan calon haji sebanyak 3.186 jemaah dari total 26.568 jamaah yang terbagi menjadi sembilan kloter ke Tanah Suci.

Rombongan calon haji kloter delapan asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sebanyak 352 orang telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Senin sekitar pukul 00.40 WIB, kemudian kloter sembilan asal Banjarnegara-Kudus sebanyak 358 orang berangkat pukul 09.29 WIB.

Sementara itu, kloter 10 asal Kabupaten Kudus akan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, kemudian kloter 11 asal Kudus juga diberangkatkan Senin ini sekira pukul 17.45 WIB.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015