Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro, mengatakan, rendahnya penyerapan anggaran tahun 2015 oleh Kementerian Perhubungan membuat dirinya pesimistis Kemenhub bisa mewujudkan kinerja yang baik tahun 2016.

"Dalam Rancangan APBN 2016, Kemenhub mendapatkan alokasi anggaran Rp50.1 triliun. Tapi penyerapan anggaran tahun 2015, Kemenhub termasuk sangat rendah, baru mencapai 28 persen," kata Nizar di gedung DPR Jakarta, Senin.

Untuk nota RAPBN 2016, ada banyak program Kemenhub yang perlu dikritisi agar bisa mencapai indikator kinerja dan out come yang diharapkan.

Program itu antara lain berupa pengelolaan dan penyelenggaraan transportasi laut dengan indikator jumlah pembangunan kapal perintis penumpang dan barang sebanyak 94 unit.

Kemudian pembangunan sarana bantu navigasi pelayaran sebanyak 215 unit, trayek dan pos sejumlah 96 trayek, dan 22 kapal. Hasil yang hendak dicapai adalah meningkatnya kinerja pelayanan transportasi laut.

"Saya sebagai anggota Komisi V DPR sangat pesimis Kemenhub bisa mencapai indikator dan out come yang telah di tetapkan dalam nota keuangan tahun 2016, apalagi mewujudkan tol Laut yang dicita-citakan Presiden," demikian Nizar.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015