Barabai, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, akhirnya menyatakan pasangan calon Andi Mahmudi-Anwar Effendi lolos sebagai calon bupati dan wakil bupati Hulu Sungai Tengah dari jalur perseorangan pada rapat pleno verifikasi faktual tingkat kabupaten.

Ketua KPU HST Subhani mengatakan, Andi-Anwar berhasil melengkapi kekurangan dukungan 24.637 KTP.

Sebelumnya, saat memasukkan berkas dukungan mereka menyertakan 25.271 KTP dari batas minimal 24.637 dukungan yang disayaratkan KPU, namun saat diverifikasi di lapangan, ternyata hanya 20.670 sehingga ia diminta menambah 3.967x2 yaitu 7.934 pada tahap perbaikan.

Belakangan, Andi - Anwar memasukkan lagi kekurangan 12 ribu dukungan, namun saat pleno terakhir dukungan yang memenuhi syarat cuma 8.779 sehingga total dukungan 29.449 KTP.

"Jadi secara otomatis pasangan calon ini telah memenuhi syarat sebagai calon bupati dan wakil bupati Hulu Sungai Tengah jalur independen dan akan bersaing dengan dua kandidat dari partai politik yaitu Harun Nurasid-Aulia Oktafiandi (Handal) dan Abdul Latif-HA Chairansyah (Absyah)," kata Subhani, Senin.


Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015