...dua titik api berhasil dipadamkan dan masih ada satu titik api yang berkobar dan belum bisa dipadamkan
Jember (ANTARA News) - Hutan produksi milik Perhutani di Gunung Watangan Puger Kabupaten Jember, Jawa Timur, terbakar hingga mencapai 1,5 hektare.

"Setelah dicek di lapangan memang benar hutan produksi Perhutani di Gunung Watangan terbakar dengan luas lahan berkisar 1 hingga 1,5 hektare," kata Humas Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Jember, Agus Sulaiman di Jember, Selasa.

Menurut dia, kebakaran tersebut terjadi sejak Senin (24/8) sore dan petugas segera melakukan upaya pemadaman, namun hingga Selasa ini satu titik api belum berhasil dipadamkan oleh petugas di lapangan karena medan yang cukup sulit.

"Lokasi hutan yang terbakar di petak 18, 35, 38, dan 40 dengan tiga lokasi titik api yang menyebar di luas lahan tersebut, namun dua titik api berhasil dipadamkan dan masih ada satu titik api yang berkobar dan belum bisa dipadamkan," tuturnya.

Ia menjelaskan hutan produksi tersebut ditanami pohon jati dan belum ada laporan terkait dengan kerusakan pohon jati akibat kebakaran tersebut, karena petugas fokus untuk memadamkan api terlebih dahulu.

"Petugas memadamkan api dengan alat seadanya dan cara gebyok, agar tidak menjalar dan meluas karena angin dan cuaca yang cukup panas dapat menyebabkan kobaran api semakin meluas," paparnya.

Agus mengatakan lokasi kebakaran tersebut cukup sulit dijangkau, sehingga petugas hanya memadamkan dengan cara gebyok dan peralatan seadanya.

"Mudah-mudahan api berhasil dipadamkan dan tidak menjalar ke lokasi lainnya, namun petugas juga sudah melakukan antisipasi agar bara api yang sudah dipadamkan tidak berkobar lagi," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015