Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 50 pengusaha asal Kamerun memastikan diri akan mengunjungi Trade Expo Indonesia (TEI) 2015, di mana para pengusaha tersebut telah memberikan komitmen order untuk pengusaha asal Indonesia.

"Kamerun sangat prospektif bagi produk-produk Indonesia. Bahkan 50 pengusaha Kamerun, calon buyers, akan datang langsung melihat produk Indonesia di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2015, Oktober nanti," kata Kepala ITPC Lagos Nino Wawan Setiawan, dalam siaran pers yang diterima, Selasa.

Komitmen tersebut terjadi setelah Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos bersama dengan KBRI Abuja mengadakan business meeting dengan menggandeng Cameroon Chambers of Commerce, Mining, Industry, Mines and Craft (Kamar Dagang Kamerun/CCIMA) dan Association Exchange of Indonesia-Cameroon (AIC).

Kamerun bisa dikatakan sebagai pintu gerbang bisnis ke wilayah Afrika bagian tengah dan memiliki fasilitas pelabuhan dan sarana lain yang mendukung kegiatan perdagangan internasional. Selain mempromosikan produk-produk Indonesia, diharapkan pertemuan semacam ini mampu meroketkan ekspor nasional.

ITPC Lagos menyelenggarakan business meeting pada 12 Agustus 2015 bertempat di Douala, Kamerun dan dihadiri 80 orang yang terdiri dari anggota CCIMA, anggota AIC, perwakilan dari Kementerian Perdagangan Kamerun, pengusaha Indonesia di Kamerun, serta media.

Perwakilan sekaligus technical advisor CCIMA, Joachim Ondoa Atangana, menyambut baik keinginan delegasi Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Kamerun. Joachim juga bersedia membantu mempromosikan TEI 2015 ke dunia usaha di Kamerun dan bersedia menjadi koordinator delegasi Kamerun yang akan berpartisipasi di pameran tersebut.

Pertemuan bisnis tersebut menghasilkan berbagai komitmen bisnis dan transaksi perdagangan. Salah satunya Menjangan Sakti Group mendapatkan komitmen order untuk minuman Passion sebanyak 2X20 FCL dari calon distributornya bernama Promodis Afriq.

Karya Hidup Sentosa dan Kubota Indonesia menerima beberapa inquiry untuk menjadi distributor tunggal produk Quick Tractor di pasar Kamerun. Selain itu, sebanyak 50 pengusaha dari Kamerun tertarik untuk ikut serta padaTEI 2015 yang dikoordinir oleh CCIMA.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015