Jakarta (ANTARA News) - Maccabi Tel-Aviv untuk pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir bertanding pada fase grup Liga Champions kendati memetik hasil seri 1-1 melawan FC Basel pada leg kedua playoff kompetisi ini Rabu dini hari WIB karena unggul gol tandang (agregat 3-3).

Dinamo Zagreb dari Kroasia, Malmo dari Swedia, Shakhtar Donetsk dari Ukraina dan Valencia dari Spanyol juga maju ke fase grup.

Berikut hasil pertandingan leg kedua playoff Liga Champions musim ini seperti ditulis laman UEFA:

- Maccabi Tel-Aviv 1-1 Basel (agg: 3-3, Maccabi lolos karena unggul selisih gol)
Maccabi membalas kekalahan di Basel pada Liga Champions dan Liga Europa League musim 2013/2014 dengan kali ini mereka yang maju ke fase grup Liga Champions. Eran Zahavi yang menciptakan dua gol pada leg pertama pekan lalu kembali menjadi mimpi buruk bagi Basel setelah memupus kemenangan di depan mata klub Swiss ini berkat gol Luca Zuffi dari tendangan bebas pada menit 11.

- Dinamo Zagreb 4-1 Skenderbeu (Zagreb lolos dengan agregat 6-2):
Tiga dari empat gol leg kedua tercipta pada seperempat periode pertama pertandingan ketika Dinamo, terakhir kali lolos ke fase grup musim 2012/13, membukukan tempat mereka di babak ini. Tuan rumah harus kehilangan Goncalo Santos pada awal babak kedua, namun itu tidak mempengaruhi klub Kroasi ini untuk memenangi leg kedua dengan 4-1. El Arabi Hilal Soudani menciptakan gol pertama Dinamo lalu disamakan Esquerdinha. Armin Hodzic merestorasi keunggulan Dinamo, tapi Santos di kartu merah. Kendati kehilangan satu pemain, Dinamo masih bisa mencetak dua gol lagi dari Jeremy Taravel dan Soudani.

- Malmo 2-0 Celtic (Zagreb lolos dengan agregat 4-3)
Debutan fase grup musim lalu, Malmo kembali masuk 32 klub elite Eropa setelah menang 2-0 pada leg kedua melawan Celtic, walaupun pada leg pertama kalah 2-3.
Kedua gol didahului dari sepak pojok. Markus Rosenberg menanduk bola untuk menciptakan gol pertama pada babak pertama. Felipe Carvalho menggandakan keunggulan pada menit 55 yang juga didahului sepak pojok.

- Shakhtar Donetsk 2-2 Rapid Vienna (Shaktar lolos dengan agregat 3-2)
Gol penyama kedudukan dari penyerang Shakhtar Olexandr Gladkiy sehingga kedudukan berakhir 2-2 menjadi penentu nasib timnya dalam pertandingan yang keempat gol tercipta pada kurun 18 menit babak pertama.
Marlos membawa tuan rumah unggul lebih dulu pada menit 10, namun disambakan Louis Schaub pada menit 13.  Steffen Hofmann sempat membalikkan keadaan untuk Vienna pada menit 22, namun lima menit kemudian Gladky menyamakan kedudukan dan ternyata menjadi pembawa timnya ke fase grup Liga Champions.

- Monaco 2-1 Valencia (Valencia lolos dengan agregat 3-4)
Gol Elderson pada menit 75 membuat tuan rumah Monaco memenangi laga leg kedua ini dengan skor 2-1, namun ini tak cukup meloloskan perempatfinalis musim lalu itu ke fase grup musim ini karena pada leg pertama kalah 1-3.
Alvaro Negredo membuat Valencia unggul lebih dulu pada menit keempat.  Dan ini sudah cukup mengantarkan timnya ke fase grup karena Monaco hanya bisa menciptakan dua gol. Valencia terakhir kali masuk 16 besar Liga Champions pada musim 2012/13. Kelolosan mereka musim ini menjadi Spanyol menempatkan lima waktu di fase grup yang untuk pertama kalinya negara ini diwakili lima tim dalam fase grup Liga Champions.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015