Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan akan terus melakukan percepatan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur untuk keperluan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.

"Seluruh pembangunan infrastruktur akan kita kebut pengerjaannya. Sehingga saat pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang, semuanya sudah siap," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut Ahok, salah satu percepatan tersebut, yaitu dengan pelaksanaan "groundbreaking" (peletakan batu pertama) pembangunan wisma atlet.

"Kita harus memulai percepatannya dari sekarang. Percepatan itu bisa diawali dengan groundbreaking pembangunan wisma atlet di kawasan Kemayoran (Jakarta Pusat). Groundbreaking itu diharapkan sudah bisa dilakukan pada September 2015," ujar Ahok.

Selain wisma atlet, pemprov juga akan melakukan percepatan pembangunan sarana transportasi "light rail train" (LRT) serta "bus rapid transit" (BRT) atau Transjakarta mulai akhir tahun ini.

"Pembangunan LRT dan BRT Transjakarta itu juga harus segera dimulai dan dikebut pengerjaannya, terutama untuk jalur Bandara Soekarno Hatta hingga wisma atlet di kawasan Kemayoran," tutur Ahok.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan kedua sarana transportasi masal tersebut akan sangat berguna selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Ibu Kota.

"Tentunya, kedua jenis transportasi massal tersebut akan mendukung jalannya Asian Games. Karena dengan adanya transportasi itu, maka para atlet bisa sampai disini tepat waktu," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015