Permasalahan bukan dari keberangkatan di Pekanbaru, melainkan akibat kendala dari pesawat carter di Batam
Pekanbaru (ANTARA News) - Jemaah haji asal Provinsi Riau mengalami keterlambatan keberangkatan hingga sekitar dua jam akibat kerusakan pesawat yang seharusnya membawa mereka ke embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis.

"Permasalahan bukan dari keberangkatan di Pekanbaru, melainkan akibat kendala dari pesawat carter di Batam," kata Kepala Divisi Operasi PT Angkasa Pura pada Bandara Sultan Syarif Kasim II, Hasturman, kepada Antara.

Ia menjelaskan pesawat carter dari maskapai Lion Air dari Batam, yang khusus mengangkut calon haji Riau, seharusnya tiba di Bandara Pekanbaru sekitar pukul 08.30 WIB.  Namun, keberangkatannya dari Bandara Hang Nadim terganggu.

"Awalnya pesawat terkendala karena jarak pandang terbatas, dan begitu bisa lepas landas ternyata ada kendala mesin juga yang membuat pesawat harus kembali. Akhirnya baru bisa terbang setelah ganti pesawat, " katanya.

Menurut dia, jadwal keberangkatan di Riau jadi terlambat sekitar dua jam. Jemaah baru bisa naik ke pesawat sekitar pukul 10.30 WIB.

Sementara itu, Kanwil Kementerian Agama Riau menyatakan ada sebanyak 445 calon haji yang mengalami keterlambatan untuk diberangkatkan ke Embarkasi Batam. Mereka terpaksa menunggu berjam-jam di Masjid Annur Pekanbaru yang menjadi tempat berkumpul jemaah sebelum berangkat ke Bandara Pekanbaru.

"Ada 445 calon jamaah haji yang keberangkatannya terlambat. Mereka adalah calon haji gabungan dari Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbatu, " kata staf Kemenag Riau, Amnan, di Masjid Annur.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015