Makassar (ANTARA News) - Sutradara papan atas Indonesia Riri Riza menyatakan para sineas Makassar sudah membuktikan memiliki potensi untuk berprestasi dalam dunia perfilman baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Dalam dua sampai tiga tahun terakhir ini ada banyak pembuat film dari Makassar yang punya prestasi di tingkat internasional dan salah satunya Aditya Ahmad yang filmnya pernah diputar di Berlin," kata Riri di Makassar, Jumat.

Selain Aditya, kata dia, ada Andi Burhamsyah yang karyanya telah banyak diikutkan festival pendek baik pada tingkat nasional dan internasional. Kemudian Andro Marinuasa dan Deli Luhukai yang meski tidak sempat ikut festival tapi karyanya sudah cukup baik.

Riri mengangkat jempol untuk kualitas sineas Makassar di mana perkembangan film di Makassar sudah dimulai sejak era 1960-an.

Riri yakin pada potensi para sineas asal Makassar dan menyatakan film tidak harus dibangun dari pusat ekonomi di satu daerah namun juga bisa dilakukan di kota lain.

"Makassar itu juga lebih menarik karena banyaknya orang yang tertarik mendalami dunia film. Ini tentu sesuatu yang positif dan kita harapkan semakin mengembangkan kualitas para pembuat film di Iindonesia Timur termasuk Makassar," ujar pendiri pendiri sekaligus Direktur "Makassar-SEA Screen Academy" ini.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015