Dari 16 daerah itu, termasuk tiga daerah yang terkuat untuk ski air yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat,"
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 16 daerah akan mengikuti Kejuaraan Nasional Ski Air dan Wakeboard Indonesia sekaligus kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 30 September - 4 Oktober mendatang.

"Dari 16 daerah itu, termasuk tiga daerah yang terkuat untuk ski air yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat," kata pelatih Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Rusdi Amir kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Rusdi mengatakan kejuaraan itu terdiri dari 12 nomor perlombaan yaitu slalom putra, slalom putri, trick putra, trick putri, jump putra, jump putri, overall putra, overall putri, wakeboard putra, wakeboard putri, tim wakeboard, dan tim ski air.

"Kami akan terus melakukan promosi ski air dengan menggelar turnamen meskipun dana yang dibutuhkan tidak sedikit," katanya.

PSAWI, lanjut Rusdi, telah mengajukan bantuan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Satlak Prima sejak Juli 2015.

"Tapi, hingga kini kami belum dapat konfirmasi bantuan dana itu padahal dana dari PB PSAWI juga terbatas," katanya.

Selain kejuaraan kualifikasi PON 2016 itu, PSAWI juga berencana kejuaraan ski air tingkat Asia di Thailand pada pertengahan November 2015 mendatang.

"Ski air tidak termasuk dalam cabang yang dilombakan pada Asian Games 2018. Tapi, kami akan menyiapkan diri untuk Asian Beach Games 2016 di Vietnam dan SEA Games 2017 di Malaysia," kata Rusdi.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015