Jakarta (ANTARA News) - Berbicara pada acara Malam Tasyakur Ikatan Pelajar Muhammadiyan (IPM) ke-54, Ketua MPR, Zulkifli Hasan, memberikan pandangan tentang tantangan yang akan dihadapi para generasi muda di masa mendatang.

"Generasi muda tolong dengarkan saya serius dua menit saja. Sekarang stop bicara dan bangga soal Indonesia yang kaya. Indonesia kaya akan sumber daya alam, itu betul. Tapi, pendapatan rakyat Indonesia sangat jauh dibanding negara-negara yang miskin sumber daya alam seperti Singapura," katanya, melalui siaran pers MPR, Sabtu.

Indonesia, lanjut Hasan, adalah negara yang kaya sumber daya alam, berbeda dengan Singapura, namun pendapan rata-rata rakyatnya jauh lebih baik.

Ia mengatakan bahwa pertanyaan ini adalah sebuah tantangan besar buat generasi muda, dan permasalahannya ada pada kemajuan sumber daya manusia. Singapura dan negara-negara maju yang miskin sumber daya alam, menggenjot kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya.

"Bayangkan Singapura yang miskin pendapatan perkapitanya sekitar Rp750 juta, sedangkan Indonesia yang kaya hanya Rp40 juta. Ini bagaimana? Tidak ada jalan lain mulai sekarang kita harud pusatkan perhatian pada pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan," ujarnya.

Zulkifli mengatakan, setelah pengembangan kualitas sumber daya manusia, Indonesia harus megembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat setara dengan negara-negara maju bahkan bisa merebut dunia.

"Inilah tantangan luar biasa menanti para generasi muda Indonesia.  Kalian harus bisa menghadapi dan melakukan perubahan," pungkasnya.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015