Abu Dhabi (ANTARA News) - Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed An-Nahya, Sabtu (29/8), di Abu Dhabi memerintahkan dilancarkannya kegiatan besar kemanusiaan untuk menjangkau sebanyak 10 juta orang yang terpengaruh oleh krisis di Yaman.

Kegiatan tersebut, dengan tema "Yaman: Kami peduli", direncanakan diluncurkan pada Minggu dengan tujuan menggagas berbagai proyek untuk meringankan penderitaan rakyat Yaman, demikian laporan Xinhua, Minggu.

Pada 23 Agustus, UEA telah menyediakan buat Yaman bantuan kemanusiaan dengan nilai sebanyak 200 juta dolar AS, sekitar separuh dari seluruh bantuan yang dijanjikan oleh donor internasional buat Yaman pada 2015, demikian laporan kantor berita UEA, WAM.

UEA adalah bagian dari koalisi pimpinan Arab Saudi, yang terdiri atas sembilan negara Arab, yang mendukung Pemerintah "sah" Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Kegiatan tersebut bertujuan menghentikan kelompok Al-Houthi, merebut kekuasaan di negara Arab itu, sementara Arab Saudi menyatakan gerilyawan gerilyawan Syiah Yaman tersebut didukung oleh Iran.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015