Makkah, (ANTARA News) - Jamaah calon haji Indonesia yang baru tiba di pemondokan 704, Hotel Grand Al Tasyeer, Makkah, terharu dan meneteskan air mata saat disambut para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Muassasah dengan alunan marawis.

"Subhanallah, kami tidak menyangka akan disambut dengan acara seperti ini," kata Ketua Rombongan (Karom) Afifuddin. Hadir Tabroni dari embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 1) ketika ditemui usai melakukan koordinasi dengan anggota jamaahnya, di Makkah, Minggu.

Rombongan yang dipimpin Afifuddin merupakan jamaah pertama dari JKS 1 yang sampai di Makkah. Mereka disambut dengan marawis berisi antara lain alunan shalawat nabi dan seuntai bunga mawar yang langsung dibagikan oleh Muassasah yang merupakan keturunan Arab.

Sebagian jamaah yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, itu menangis haru, tidak menyangka disambut dengan shalawat nabi dan senyum ramah para petugas dan muassasah.

"Saya baru pertama kali disambut seperti ini. Suasananya seperti kami walimatus safar, ratiban, penuh haru, jadi ingin menangis," kata Afifuddin yang membawa rombongan beranggota 39 jamaah calon haji.

Hal senada disampaikan Ibu Enok yang merasa terharu disambut dengan suasana hangat dan petugas yang siap membantu. "Pelayanannya bagus, busnya juga enak, ada AC dan tidak berdesak-desakan," kata ibu berusia di atas 60 tahun yang menempuh perjalanan dari Madinah ke Makkah sekitar delapan jam.

Ia juga mengaku senang mendapat kamar hotel yang bagus, yang hanya diisi tiga orang. "Alhamdulillah," ujarnya. Rombongan dari Tasikmalaya tersebut merupakan bagian dari 4.636 jamaah calon haji Indonesia yang akan tiba dari Madinah dan Makkah hari ini (Minggu).

Mereka berangkat dari Madinah pukul 07.00 waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba pukul 15.00 WAS.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015