Jakarta (ANTARA News) - Golongan barang jenis perhiasan atau permata mengalami kenaikan ekspor sebesar 14,91 persen secara bulanan, dengan nilai 76,5 juta dollar AS pada Mei 2015.

"Hal itu menegaskan bahwa industri perhiasan termasuk batu mulia dan batu semi mulia punya peluang yang besar dan sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kemenperin mencatat, jumlah perusahaan yang bergerak pada industri perhiasan mencapai 36.636 unit dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 332.802 orang dengan nilai produksi sebesar Rp11,15 triliun.

Pemerintah, imbuh Menperin, meminta semua pihak bekerja keras, saling dukung antara sektor satu dengan sektor lainnya terutama untuk meningkatkan industri nasional, khususnya industri kreatif batu mulia dan batu semi mulia.

"Harapannya, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pelambatan ekonomi global," ujar Menperin.

Diketahui, Menperin mewakili Presiden RI Joko Widodo menutup secara resmi Pameran dan Kompetisi Nasional Batu Nusantara 2015 di BSD, Tangerang Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Menperin menggandeng ahli geologi untuk memetakan bisnis batu mulia Guna meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan para perajin batu mulia dan batu semi mulia kreatif.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015