Belum ada kenaikan, harga terendah untuk kambing masih berkisar Rp1,5 juta, untuk sapi sekitar Rp10 juta hingga Rp13 juta."
Bengkulu (ANTARA News) - Harga hewan kurban di tingkat peternak Kabupaten Bengkulu Tengah masih normal, belum ada kenaikan berarti menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah pada 24 September 2015.

"Belum ada kenaikan, harga terendah untuk kambing masih berkisar Rp1,5 juta, untuk sapi sekitar Rp10 juta hingga Rp13 juta," kata salah seorang peternak, Sugiran di Bengkulu, Minggu.

Untuk tingkat permintaan hewan kurban pun, juga belum mengalami peningkatan, diprediksi permintaan baru akan meningkat pada pertengahan September.

"Mungkin harga bahan pokok serba mahal juga mempengaruhi penjualan hewan kurban, karena masyarakat harus melihat kembali sediaan dana yang akan dipergunakan," katanya.

Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu daerah penghasil hewan ternak, sebagian warga di daerah itu memiliki usaha peternakan baik jenis kambing maupun sapi.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, Edi Nevian menjamin ketersediaan hewan kurban bagi masyarakat Bengkulu untuk Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah.

"Untuk stok hewan kurban aman, sudah disiapkan sapi ukuran sedang hingga besar untuk sekitar 150 ekor," kata Edi.

Harga untuk satu ekor sapi, kata dirinya berkisar Rp10 juta hingga Rp11 juta, cukup mahal jika dibandingkan dengan harga hewan kurban pada 2014.

Memang harganya sedikit lebih tinggi, namun masih relatif terjangkau oleh masyarakat Bengkulu, harga Rp11 juta itu kita yakini masih bisa dijangkau masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Boyke LW
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015