Ambon (ANTARA News) - Jamaah calon haji tertua asal Kota Ambon, provinsi Maluku, yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2015 adalah Muh.Kasim Laitupa Bin Muh.Jafar Laitupa yang berumur 89 tahun empat bulan.

"Sedangkan usia termuda, yakni 23 tahun dua bulan atas nama Cahirul Anwar Payapo Bin Muhammad Ambin Payapo," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, H.Hanafi Kasim saat menyampaikan laporan pada acara pelepasan JCH Kota Ambon di Ambon, Senin.

Hanafi menjelaskan, 235 orang JCH Kota Ambon itu terdiri dari 101 orang laki-laki dan 134 orang perempuan.

Sedangkan jenjang pendidikan yakni SD (101 orang), SLTP (30 orang), SLTA (77 orang), Sarjana muda (2 orang), S1(18 orang), S2 (7 orang).

"Mereka ini terbagi atas lima rombongan dan 20 regu, dan semuanya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 yang akan berangkat pada tanggal 4 September 2015 menuju embarkasi Makasar," ujarnya.

JCH asal Kota Ambon ini, lanjutnya, akan menggunakan jasa penerbangan Lion Air dalam dua kali penerbangan menuju embarkasi Makasar dimana penerbangan tahap pertama pada jam,7.45 WIT dan pada jam,11.20 WIT.

Rombongan bertolak dari embarkasi Makasar menuju Jeddah pada tanggal 6 September dengan jasa penerbangan Garuda.

"Seluruh JCH sudah memiliki paspor dan telah disampaikan ke Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, begitu juga dengan pemeriksaan kesehatan telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, dalam rangka menjamin kelancaran dan kepastian rasa aman dalam pelaksanaan ibadah bagi JCH selama dalam perjalanan ditanah suci Mekkah mereka didampingi empat orang petugas, masing - masiong dari Provinsi Maluku tiga orang dan satu lainnya dari Pemerintah Kota Ambon atas nama Ratna Hataul Binti Bachtiar Hataul.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015