Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Yamagata salah satu prefektur di Jepang tertarik untuk mengembangkan padi yang ditanam di Provinsi Papua.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Senin, mengatakan penelitian yang dilakukan oleh Pemerintah Yamagata untuk mencari bibit unggul tanaman padi.

"Jadi tim dari Pemerintah Yamagata ini akan berada beberapa hari di Provinsi Papua untuk mengembangkan padi, lalu kembali ke Jepang guna membicarakan rencana kerja sama dengan kami," katanya.

Menurut Elia, Papua memiliki lahan yang luas untuk mengembangkan padi ini sehingga dalam proses pengembangannya diharapkan dapat dilakukan di wilayah Bumi Cenderawasih.

"Penelitian soal padi untuk bibit unggul ini sebaiknya dilakukan di Papua karena biasanya terbentur oleh pihak karantina jika dibawa dari Jepang ke Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengharapkan jawaban setelah rombongan tim Yamagata tiba di Jepang karena banyak hal bisa dibangun dari kerja sama di bidang pertanian ini.

"Manfaat dari kerja sama ini sudah banyak, apalagi saat ini anak-anak negeri banyak yang berkesempatan belajar di Yamagata, khususnya bidang pertanian dan bahasa," katanya lagi.

Dia menambahkan selain padi, pihaknya juga mengusulkan kedelai dan jagung kepada Pemerintah Yamagata untuk dilakukan penelitian mencari bibit unggul mengingat potensinya yang besar di Provinsi Papua.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015