New York (ANTARA News) - Juara dua kali Venus Williams diuji oleh petenis non unggulan asal Puerto Riko Monica Puig namun ia dapat mengalahkannya dalam tiga set pada Senin, untuk memberi start positif bagi keluarga Williams di hari pembukaan AS Terbuka.

Williams, unggulan ke-23, meraih kemenangan 6-4, 6-7 (7), 6-3 atas lawannya yang baru berusia 21 tahun, pada pertarungan yang berlangsung selama dua jam 40 menit di Stadion Arthur Ashe, lapor Reuters.

Pertandingan ini selesai beberapa jam sebelum adiknya Serena memulai perjuangannya menyapu bersih empat gelar Grand Slam untuk pertama kalinya dalam 27 tahun, ketika ia menghadapi petenis Rusia Vitalia Diatchenko pada pertandingan pembukaan turnamen ini.

Venus menyia-nyiakan tiga match point pada tie break set kedua, ketika Puig yang menghuni peringkat 85 dunia bangkit dari tertinggal 3-6 untuk memenangi enam dari tujuh angka terakhir untuk menyamakan kedudukan.

Venus, pada usia 35 tahun yang menjadi petenis tertua pada kategori putri, juga gagal menuntaskan permainan pada kedudukan 5-3 di set kedua.

"Saya memberi begitu banyak kredit kepada lawan saya," kata Venus, yang melepaskan 18 ace dan 48 pukulan kemenangan. "Kelihatannya setiap kali saya semakin dekat dengan kemenangan, ia bangkit dengan pukulan-pukulan yang tidak dapat dipercaya."

"Ia bermain begitu baik dari belakang yang merupakan atribut hebat, maka kedatangannya ke sini merupakan hal hebat."

Ini merupakan penampilan penuh keberanian dari Puig di panggung utama Tennis Centers AS, khususnya mempertimbangkan jurang perbedaan pengalaman mereka.

Venus memiliki rekor 64-13 di AS Terbuka menjelang pertandingan ini, dengan pendapatan total sepanjang karirnya melebihi 31 juta dolar, sedangkan catatan Puig adalah 1-2 pada dua kali penampilannya sebelumnya di undian utama di Flushing Meadows dengan total pendapatan sepanjang karirnya hanya di atas satu juta dolar AS.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015