Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo makan siang bersama dengan para pengojek, sopir mikrolet, Kopaja, Kopami Jaya, Metromini dan sopir taksi.

"Saya mengundang ke sini hanya untuk makan siang, tidak ada kepentingan lain," kata Presiden saat pidato penyambutan di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga bercerita pada saat pertama kali ke Jakarta yang harus enam kali ganti angkutan dari Klender, Jakarta Timur, menuju ke Kuningan, Jakarta Selatan.

"Tahun 85-88 ke Jakarta dari Klender ke Kuningan tiap pagi jam 06.00 WIB tiga kali ganti angkutan. Saya ingat betul itu. Tahun 85 ingat (naik) metromini," kenang Presiden.

Jokowi juga menginggatkan kepada para sopir dan para pengojek bahwa saat ini kompetisi sangat ketat dan diminta tidak saling bergesekan.

"Hidup di manapun persaingan. Jangan berantem antara (Ojek) pangkalan dan Gojek," katanya.

Presiden juga mengajak berdialog dengan para pengojek beserta para sopir angkutan umum yang di undang ke Istana.

Para pengojek dan sopir angkutan yang diundang ke makan siang oleh Presiden ke Istana menyatakan sangat gembira dan pengalaman pertama sekali seumur hidup.

"Rasanya bangga banget, sebagai anak jalanan merasa dihargai. Susah dikatakan pak rasanya, ada rasa strawberi, juga binggung, yang pasti bahagia banget," kata pengojek dari Gojek, Rofiq.

Rofiq yang asli Jakarta ini mengatakan bahwa dirinya dulu merupakan sopir taksi dan ojek pangkalan ini mengaku tertolong dengan adanya Gojek ini.

"Ada tambahan pendapatan setelah masuk Gojek, ini sangat membantu," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan teman Rofiq, Muksin, bahwa dirinya sangat bangga karena bisa masuk Istana Negara.

"Saya bahagia, baru kali ini ngrasain (merasakan) masuk istana," kata Muksin.

Sedangkan Sopir Mikrolet, T Napitulu, mengatakan bahwa undangan makan siang ini meruapakan pengharagaan yang tinggi bagi dirinya dan dihargai pekerjaan sopir sehingga diundang ke istana.

Napitulu mengungkapkan ada tiga temannya dari Metromini yang diundang makan siang bersama sopir dan tukang ojek yang diundang Presiden.

Pihak istana telah mengundang sekitar 100 para pengojek, sopir mikrolet, Kopaja, Kopami Jaya, Metromini dan sopir taksi untuk makan siang dengan Presiden.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015