Dari Sabang hingga Merauke, seluruh penduduk Indonesia merayakan hari kemerdekaan Republik tercinta yang genap berusia 70 tahun. Begitu pula dengan Kementerian BUMN dan BUMN yang ikut serta menyemarakkan pesta bangsa. BUMN sebagai agen pembangunan di Indonesia memanfaatkan momen ini dengan bergenggaman tangan mengisi perayaan melalui program bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri"". 

Tidak hanya menyelenggarakan upacara Peringatan HUT RI di 34 provinsi seluruh Indonesia pada 17 Agustus silam, BUMN juga mewarnainya dengan kegiatan-kegiatan unik seperti Jalan Sehat 8 km, pesta kuliner, bantuan penambahan fasilitas laboratorium untuk SMK, program bedah rumah untuk para veteran Indonesia, penjualan 70.000 paket sembako dengan potongan harga 70 persen hingga menggelar lancar tancap dengan memutarkan film-film Indonesia yang menjangkau segala umur seperti Laskar Pelangi, Bendera, dan Garuda di Dadaku sebagai tontonan edukatif dan positif bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, Kementerian BUMN sebagai pembina 119 perusahaan negara ini juga menginisiasi dua program lanjutan dengan meluncurkan website untuk program "Siswa Mengenal Nusantara" dan "BUMN Mengajar".

Dua program ini diharapkan menjadi bukti nyata BUMN sebagai agen pembangunan yang terus meningkatkan kontribusi, tidak hanya melalui pajak dan deviden namun juga hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu menyejahterakan.
 
Pameran

Guna menunjukkan prestasi-prestasi yang dimiliki 119 perusahaan Negara kita, Kementerian BUMN bersama-sama dengan BUMN juga menghadirkan sebuah pameran bertajuk "Pameran Indonesia Hebat" yang digelar pada tanggal 21-23 Agustus lalu di Parkir Selatan Senayan, Jakarta.

Pameran yang diikuti oleh sekitar 60 BUMN ini dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno. 

"Saya berharap melalui pameran ini masyarakat bisa menilai sejauh mana kesiapan BUMN dalam memasuki kancah global," ujar Menteri Rini dalam sambutannya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan segera memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun ini. Dengan menampilkan produk dan kinerja BUMN Indonesia, Kementerian BUMN hendak menunjukkan kontribusi BUMN terhadap pembangunan Indonesia dan daya saingnya dalam menghadapi MEA.

"Pemerintah menginginkan lebih banyak BUMN yang bisa Go International di beragam lini bisnis mengikuti jejak mereka yang sudah lebih dulu seperti Telkom, Semen Indonesia, Pertamina, Mandiri, BRI dan BNI," tambahnya.

Dalam pameran ini, ditampilkan beragam produk BUMN mulai dari hot chocolate PT Sarinah, unit TransJabodetabek dari Perum PPD, excavator PT Pindad, hingga kereta api dari PT INKA. 
Upacara Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan Kecapi Buhun dari Biofarma, Tarian Indonesia Jaya persembahan Lenggang Harmoni BTN dan semakin semarak dengan aksi Marchingband Locomotive binaan PT KAI. (Adv)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015