Bandung (ANTARA News) - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan percaya pada kepedulian dan kecintaan Presiden RI Joko Widodo kepada dunia pendidikan tinggi.

"Saya amat mencintai dunia pendidikan, 10 tahun ketika saya memimpin Indonesia saya berupaya sekuat tenaga untuk memajukan dunia pendidikan kita. Dan saya percaya Presiden Jokowi punya kepedulian dan kecintaan tinggi terhadap dunia pendidikan," kata SBY saat kuliah umum di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Rabu.

Pada awal penyampaian materi kuliah umum berjudul "Membangun dan Memelihara Kedamaian di Era Perubahan", SBY mengajukan alasan mengapa harus mencintai dan memajukan pendidikan di Indonensia.

"Kita semua ingin di akhir abad 21, Indonesia menjadi negara maju di semua bidang, termasuk pendidikan," kata dia.

Ia melanjutkan, untuk memajukan dunia pendidikan ini, masyarakat atau sumber daya manusia harus maju.

"Untuk maju maka kita harus mencetak manusia unggul, berkarakter dan berdaya saing tinggi dan untuk mewujudkan itu peran lembaga pendidikan termasuk guru, dosen dan guru besar amatlah penting. Oleh karena itu saya kira tepat jika kita semua," kata dia.

SBY lalu menantangUPI untuk menjadi pemimpin dalam pendidikan kedamaian yang ditandai dengan dibangunnya peace education center (pusat pendidikan perdamaian).

"Tantangan bagi Rektor UPI dan para guru besar untuk membangun peace education center sehingga kalau dunia bertanya, apa betul di Indonesia ada peace education center, maka nanti akan dijawab, ada, di Bandung, di UPI," kata SBY.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015