Istanbul (ANTARA News) - Seorang tentara Turki tewas karena tembakan dari wilayah yang dikuasai kelompok Negara Islam (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) di sisi perbatasan Suriah pada Selasa (1/9) sementara tentara lainnya hilang menurut gubernur setempat.

Insiden tersebut terjadi di wilayah perbatasan Kilis dan tentara itu meninggal dunia di rumah sakit karena lukanya setelah tembak-menembak dengan para penyelundup, kata Gubernur Kilis Suleyman Tapsiz seperti dikutip oleh kantor berita Dogan.

Prajurit lainnya hilang setelah insiden tersebut, kata Tapsiz tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ankara telah meluncurkan dua serangan "anti-teror" terhadap kelompok garis keras di Suriah dan pemberontak Kurdi di Irak Utara setelah serangkaian serangan di tanah Turki, termasuk serangan bom bunuh diri yang menewaskan 32 aktivis pro-Kurdi di kota Suruc pada Juli yang dituduhkan pada ISIS.

Tank-tank Turki menembaki sasaran yang dikendalikan oleh pengikut ISIS di Suriah untuk pertama kali pada Juli setelah dua tentara Turki tewas di Kilis karena tembakan dari sisi perbatasan Suriah.

Pesawat-pesawat tempur Turki untuk pertama kali bergabung dalam serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat terhadap ISIS di Suriah setelah Washington mendesak Ankara berperan penuh dalam pertempuran melawan kelompok bersenjata tersebut, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.(Uu.B020)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015