... pagi hari jarak pandang sekitar 800 meter. Siang ini sudah 2-3 kilometer...
Medan (ANTARA News) - Bandara Internasional Kualanamu dan sekitarnya di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, masih diselimuti kabut asap, terutama pada pagi hari.

Kabut asap semakin terlihat dari lokasi pembangunan jalan tol yang belokasi sekitar 4 km dari terminal bandara. Kumpulan kabut asap tersebut semakin banyak terlihat mendekati terminal, termasuk di sekitar landasan pacu Bandara Kualanamu.

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan perkebunan besar juga membuat Bandara Sultan Syarief Kasim II di Pekanbaru, Riau, ditutup. Penerbangan dari dan menuju bandar udara itu dibatalkan karena jarak pandang cuma sekitar 400 meter saja. 

Staf prakirawan Stasiun Meteorologi Polonia di Bandara Kualanamu, Alif Adyasa, Rabu, mengatakan, kabut asap tersebut sudah menyelimuti Bandara Kualanamu selama tiga hari.

"Pada pagi hari jarak pandang sekitar 800 meter. Siang ini sudah 2-3 kilometer," katanya. Jarak pandang yang dia maksud adalah secara visual melalui mata telanjang manusia tanpa alat bantu optik atau elektronika. 

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015