... terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan 2018...
Jakarta (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) dan Kelompok Bank Dunia akan menyelenggarakan Pertemuan Tahunan 2018 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, setelah Badan Dewan Gubernur IMF dan Bank Dunia melakukan pemungutan suara.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan 2018," kata Managing Director IMF, Christine Lagarde, dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.

Lagarde menambahkan kesempatan menjadi tuan rumah merupakan peluang baik menunjukkan pencapaian besar Indonesia dalam hal ekonomi dan sosial, juga budaya, keindahan, serta vitalitas negara.

Presiden Kelompok Bank Dunia, Jim Yong Kim, mengutarakan hal yang senada, ini kehormatan bagi kedua institusi bisa menyelenggarakan Pertemuan Tahunan 2018, di Nusa Dua, Bali, Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Presiden Widodo dan masyarakat Indonesia atas undangan ini. Merupakan kehormatan bagi kedua institusi kami bahwa pertemuan akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali," kata Kim.

Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia akan mempertemukan para anggota bank sentral, menteri keuangan dan pembangunan, eksekutif sektor swasta, lembaga masyarakat sipil, media, serta para akademisi dari masing-masing negara anggota.

Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia membahas masalah-masalah global, termasuk prospek ekonomi dunia, stabilitas keuangan global, pengentasan kemiskinan, pekerjaan dan pertumbuhan, pembangunan ekonomi, efektivitas bantuan, serta perubahan iklim.

Pertemuan itu biasanya diselenggarakan di kantor pusat IMF dan Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat selama dua tahun berturut-turut, kemudian tiap tahun ketiga diselenggarakan di salah satu negara anggota.

Sementara, menurut rencana, Pertemuan Tahunan 2015 akan diselenggarakan di Lima, Peru, pada Oktober. 

Kuartal ketiga 2015 dilatari gejolak ekonomi global dipicu devaluasi yuan China. 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015