... tindak tegas, sampai pada tingkat menteripun akan ditindak tegas...
Jakarta (ANTARA News) - Peringatan bagi anggota Kabinet Kerja II diutarakan, kali ini dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Pandjaitan. Dia menegaskan loyalitas dan kekompakan personel Kabinet Kerja II perlu dibangun. 

Konsekuensinya, siapapun (menteri) yang tidak loyal bahkan menteri juga akan ditindak.

"Kami akan tindak tegas, sampai pada tingkat menteripun akan ditindak tegas," kata Pandjaitan, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Pensiunan jenderal TNI AD yang karirnya lama dihabiskan di Korps Pasukan Khusus TNI AD itu tidak mengungkap personel-personel menteri yang dimaksud itu

Kekompakan dan loyalitas, kata Pandjaitan, salah satu hal yang dibahas dalam sidang yang dihadiri Wakil Presiden, Jusuf Kalla, sejumlah menteri, dan tiga menteri koordinator itu. 

"Menyangkut kekompakan, kami akan membangun kekompakan yang baik dan loyalitas," katanya.

Menurut dia, sudah menjadi tugas dia memastikan semua proses pemerintahan dan mekanisme bidang ekonomi berjalan baik sehingga tidak ada kegaduhan yang terjadi. 

Publik sudah sangat sering mendengar pernyataan para pejabat tinggi negara yang saling berlawanan secara sungguh terbuka. Hal ini tidak terjadi pada pemerintahan yang sudah-sudah. 

Dalam bidang politik, hukum, dan keamanan, Pandjaitan juga ingin memastikan tidak ada disinformasi melainkan semua lancar dan berjalan baik. 

Sebagai menteri koordinator politik, hukum, dan HAM, Pandjaitan akan berkeliling nusantara mendorong penyerapan anggaran di daerah-daerah agar tidak terjadi ketakutan atau kekhawatiran pejabat di daerah dalam soal penggunaan anggaran.

Padahal ada Kementerian Koordinator Keuangan yang punya kewenangan dan tanggung jawab terhadap keuangan negara dan hal-hal terkait. 

"Ini menjadi mesin pamungkas untuk menghilangkan keragu-raguan dalam menyerap anggaran," kata Pandjaitan.

Pandjaitan mengklaim sudah banyak hal yang dilakukan pemerintah dalam tujuh bulan terakhir. Karena itu ia menegaskan bahwa pemerintah sedang terus bekerja dengan berjalan cepat atau berlari, hati-hati, aware, dan penuh percaya diri. 

Pewarta: Hanni Soepardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015