Madrid (ANTARA News) - Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque meminta kiper David De Gea untuk melupakan kegagalan transfernya ke Real Madrid dari Manchester United, dan fokus pada menjadi "profesional yang baik."

Kepindahan De Gea ke Real gagal terwujud pada situasi aneh pada Senin, ketika berkas kerja sang pemain gagal sampai tepat waktu setelah tenggat waktu tengah malam.

Real dan United saling menyalahkan untuk kesalahan birokratis itu, yang berarti De Gea akan tetap bertahan di Manchester, sedangkan kiper Real asal Kosta Rika Keylor Navas, yang semestinya bergabung ke United sebagai bagian dari kesepakatan, bertahan di Real.

De Gea, yang kontraknya di United akan habis pada akhir musim, mendapati dirinya berada dalam situasi tidak pasti, setidaknya sampai akhir tahun ketika bursa transfer kembali dibuka.

Ketika saga transfer berlangsung, kiper United Louis van Gaal menyingkirkan mantan kiper Atletico Madrid berusia 24 tahun dari tim, dan justru memainkan kiper asal Argentina Sergio Romero.

"Saya tidak ingin mengatakan apapun mengenai apa yang akan kami lakukan," kata Del Bosque, yang memberi sinyal bahwa De Gea tidak akan terpilih jika ia tidak bermain reguler, kepada radio Spanyol.

"Kami harus menanti dan melihat apa yang terjadi dan hal yang penting adalah David... melihat ke masa depan dan menjadi profesional yang baik," tambahnya.

"Kami harus berharap bahwa David dapat bermain (untuk United) dan aktif sehingga kami dapat memanggilnya untuk timnas (Spanyol) yang akan datang, dan ia dapat memperlihatkan betapa bagusnya ia sebagai kiper."

"Ini merupakan situasi yang sulit untuk dia dan ia harus gembira dapat masuk tim nasional dan di United dan pada masa yang akan datang, ia akan dapat mampu untuk memutuskan ke mana ia akan pergi."

De Gea belum berkomentar kepada publik mengenai kegagalan transfernya dan tidak berbicara kepada para pewarta ketika ia tiba di kamp latihan timnas Spanyol di luar Madrid pada Selasa.

Dengan kapten Iker Casillas juga berada dalam tim, De Gea berpeluang besar menghuni bangku pemain cadangan untuk pertandingan-pertandingan Spanyol di kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup C, menjamu pemuncak klasemen Slovakia pada Sabtu dan melawat ke Macedonia tiga hari kemudian.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015