Jakarta (ANTARA News) - Intel Corporation meluncurkan rumpun prosesor Intel Core Generasi keenam yang diklaim sebagai otak komputer terbaik yang dimiliki perusahaan tersebut.

Senior Vice President Intel dan General Manager Client Computing Group Kirk Skaugen dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan sejauh pengamatan perusahaan, prosesor terbaru itu memberi kemajuan paling signifikan untuk komputasi.

"Prosesor berbasis sistem ini adalah yang paling responsif sejauh ini dengan performa tinggi, baterai tahan lama serta keamanan yang baik," katanya.

Skaugen menambahkan, prosesor tersebut bahkan memungkinkan pengalaman baru dalam penggunaan komputer personal seperti "log in" ke komputer menggunakan wajah Anda dan bantuan personal yang bisa merespon langsung suara pengguna.

"Kombinasi bagus dari prosesor terbaru, Windows 10 serta sistem baru yang menawan dari produsen personal komputer menjadikan saat ini sebagai waktu paling baik untuk membeli sebuah komputer," ujarnya.

Prosesor Intel Core Generasi keenam diklaim memberikan performa yang lebih baik dan pengalaman baru yang menyeluruh dengan tingkat daya terendah sekaligus mendukung keragaman desain perangkat yang lebih luas.

Keragaman itu mulai dari "ultra-mobile computestick", 2 in 1 dan desktop "high-definition All-in-One desktop", hingga "mobile workstations".

Peluncuran prosesor teranyar itu dilatarbelakangi oleh penggunaan lebih dari 500 juta komputer yang berusia empat sampai lima tahun di tengah masyarakat.

Komputer tersebut pada umumnya lambat dinyalakan, baterai tidak tahan lama, dan tidak mampu memfasilitasi pengalaman pengguna baru yang tersedia saat ini.

Perusahaan menyatakan, prosesor yang dibangun di atas mikro-arsitektur Skylake dengan teknologi proses manufaktur 14nm terdepan itu akan memberikan performa dua setengah kali lipat lebih baik, ketahanan baterai tiga kali lipat dan tampilan gambar 30 kali lebih baik.

Performa tersebut diklaim dapat memanjakan pengguna untuk pengalaman bermain permainan dan menonton video yang lebih mulus serta halus dibandingkan komputer yang telah berusia rata-rata lima tahun.

Perangkat yang didesain menjadi setengah lebih tipis dan lebih ringan, disebut-sebut bisa dinyalakan dengan cepat serta ketahanan baterai yang bisa bertahan hampir sepanjang hari.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015