London (ANTARA News) - Wales telah menderita begitu banyak pengalaman nyaris lolos ke turnamen utama dalam setengah abad terakhir yang sama sekali tidak dapat dibanggakan para penggemarnya, namun saat ini terdapat keyakinan nyata bahwa mereka dapat mencapai turnamen utama untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1958.

Hal itu akan terjadi pada Minggu jika pasukan Chris Coleman memenangi pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 mereka di markas Siprus pada Minggu, dan kemudian saat menjamu Israel tiga hari kemudian, lapor Reuters.

Dengan penyerang Real Madrid mereka Gareth Bale yang berada dalam penampilan terbaiknya, Wales memimpin klasemen Grup B dengan 14 angka, unggul tiga angka atas Belgia, yang mereka kalahkan dengan skor 1-0 di kandang sendiri pada Juni, dan unggul lima angka atas Israel.

Kemenangan pada dua pertandingan berikutnya akan menjamin satu dari dua tiket kualifikasi, bahkan meski mereka bersaing langsung dengan Belgia dan Bosnia, hal itu akan cukup bagus untuk catatan hasil-hasil head-to-head.

"Kami semua tergetar dan ingin tampil baik untuk negara kami, namun tidak berpikir telah lolos saat ini," kata kiper Wayne Hennessey, yang berharap dapat tampil untuk ke-50 kalinya bersama timnas pada Kamis, pada wawancara dengan televisi FA Wales.

"Siprus cukup bagus pada pertandingan terakhir dan pertandingan ini akan berat," tambahnya. "Pekerjaan kami belum selesai."

"Namun hal itu ada di tangan kami dan mudah-mudahan kami dapat melakukannya."

Bale memiliki kenangan pahit di Nicosia, di mana Wales kalah 1-3 setelah sempat unggul delapan tahun silam pada salah satu kampanye kualifikasi mereka yang berakhir mengecewakan.

Pada 1975 mereka mencapai delapan besar Piala Eropa, ketika itu hanya empat tim yang berkompetisi di putaran final.

Untuk Piala Dunia 1982 dan 1986, negara itu harus tersingkir karena kalah selisih gol, dan kalah adu penalti pada pertandingan terakhir yang membuat mereka gagal mencapai turnamen 1994.

Terdapat pula kekalahan di playoff dari Rusia untuk Piala Eropa 2004.

Pada 2011, peringkat FIFA Wales merosot sampai urutan ke-117, di mana hanya lima tim Eropa yang berada di bawah mereka. Namun sejak itu peruntungan mereka membaik secara spektakuler, membawa mereka mencapai posisi tertingginya, yakni urutan kesembilan.

Kepercayaan diri di pemusatan latihan kini sedang tinggi, di mana negara itu ingin mengakhiri penantian selama 57 tahun.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015