Jakarta (ANTARA News) - Mellanox Technologies, penyedia layanan dan solusi interkoneksi InfiniBand dan Ethernet untuk server dan storage, menawarkan interkoneksi tinggi dengan latensi rendah.

Solusi interkoneksi Mellanox diklaim mampu meningkatkan efisiensi pusat data dengan cara menyediakan throughput tertinggi dan latency terendah di kelasnya.

Dengan demikian, solusi Mellanox diharapkan mampu mengirimkan data ke aplikasi dengan lebih cepat dan kemampuan meningkatkan kinerja sistem.

"Saat ini hanya Mellanox yang memilki interkoneksi paling tinggi. Baru kami yang siap hingga 100Gbs," kata Maruli Girsang, Product Manager PT Transition Systems Indonesia, distributor Mellanox Technologies, di Jakarta, Rabu.

"Mellanox juga memiliki latensi paling kecil di antara vendor lainnya 220 nanosecond hingga 280 nanosecond yang mana saat ini produk lain masih bicara milisecond," sambung dia.

Kecepatan interkoneksi yang ditawarkan Mellanox Technologies mulai dari 10Gbs, 20Gbs, 40Gbs, 50Gbs, 56Gb, hingga 100Gbs.

Girsang juga mengatakan bahwa solusi Mellanox menggaransi zero packet loss yang menjamin interkoneksi bebas hambatan.

"Kelebihan kami adalah kami memiliki performance non blocking jadi ketika pengguna membutuhkan data 10Gbs saat itu juga akan mendapatkan 10Gbs tanpa ada yang hilang," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengklaim solusi Mellanox Technologies mampu mengurangi biaya investasi (Capex) dan biaya operasional (Opex).

"Biaya investasi untuk menanamkan teknologi ke data center lebih murah di mana pembelian unit dengan kapasitas sama lebih murah 50 persen dibanding vendor lain," kata dia.

"Dalam hal ini operasional juga lebih murah. Saat infrastruktur lain butuh perawatan tinggi, solusi Mellanox ini sudah dirancang khusus sehingga biaya operasional lebih murah," lanjut dia.

Mellanox Technologies menawarkan pilihan berbagai produk interkoneksi antara lain adapter, switches, software dan silicon.

"Untuk alatnya, kami menggunakan fiber. Karena fiber merupakan media yang sangat cepat saat ini. Sedangkan untuk chip dibelakang, kami menanamkan silicon, itu yang membuat kami mendapatkan kecepatan sangat tinggi," kata Girsang. 

Produk tersebut dapat mempercepat jalannya aplikasi dan memaksimalkan keuntungan bisnis untuk berbagai pasar termasuk komputasi berkinerja tinggi, enterprise data center, web, cloud, penyimpanan dan layanan finansial.

"Sasaran market kita adalah perusahaan-perusahaan yang sudah mempunyai data center, karena kostumer-kostumer yang sudah mempunyai data center diperlukan interkoneksi yang cepat untuk melayani kostumer," ujar Maruli.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015