Jakarta (ANARA News) - Indonesia diakui sebagai ASEAN Favourite Destination pada ajang pameran wisata terbesar di Malaysia MATTA Fair 2015 yang berlangsung di Putra World Trade Center Kuala Lumpur, 4-6 September 2015.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Kamis, mengatakan dirinya akan memimpin delegasi Indonesia untuk menerima penghargaan tersebut.

"Kami sekaligus akan berpameran di acara yang sama untuk menjaring lebih banyak wisatawan dari Malaysia dan negara-negara lain yang ikut serta dalam pameran tersebut," kata Pitana.

Rencananya Pitana akan mengajak 80 pengusaha industri pariwisata dan 10 kepala dinas pariwisata.

MATTA (Malaysian Association of Tour and Travel Agents) Fair merupakan salah satu pameran wisata paling bergengsi di kawasan ASEAN yang diikuti oleh penjual pariwisata dari berbagai negara.

Pitana mengatakan sebagai negara yang diakui menjadi ASEAN Favourite Destination, Indonesia akan menampilkan berbagai aspek baru sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan membawa keramahan serta tradisi Indonesia lebih dekat.

Ia mengatakan, Paviliun Indonesia akan menunjukkan keberagaman destinasi wisata dari Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua dengan delegasi yang terdiri dari agen travel, hotel, dan dinas pariwisata daerah yang akan berinteraksi langsung dengan pengunjung dan konsumen dari Malaysia dengan luas total booth 207m2.

Pengunjung Paviliun Indonesia juga akan merasakan dan menikmati pertunjukan budaya, tari tradisional, pertunjukan musik Sasando dan biola, melukis payung, serta pojok foto instan.

Pengunjung juga akan disuguhi sajian terbaik Kopi Arabika dari Toraja, Sumatera, dan Kopi Luwak khas Indonesia.

"Pengunjung yang lelah juga dapat mengunjungi pojok spa di Paviliun Indonesia untuk menikmati budaya dan tradisi sehat khas Indonesia. Jika pengunjung membeli paket wisata dari agen travel lokal, dipersilakan untuk menukar hadiahnya di Paviliun Indonesia," katanya.

Pada pembukaan MATTA Fair 4 September 2015, Paviliun Indonesia akan menghadirkan video pariwisata Indonesia terbaru serta pertunjukan budaya tari Rampak Kendang dari Jawa Barat.

"Tahun lalu jumlah wisman asal Malaysia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1,276 juta dan tahun ini ditargetkan wisman Malaysia ke Indonesia bisa mencapai 1,7 juta," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015