Jakarta (ANTARA News) - Indonesia perlu memperkuat ekonomi berbasis usaha kecil menengah untuk meningkatkan ketahanan bangsa, kata Ketua Bidang Perbankan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Irfan Anwar.

Ekonomi berbasis UKM perlu diperkuat karena dalam masa krisis lalu UKM mampu bertahan dan bahkan menjadi penyelamat ekonomi, kata Irfan Anwar di Jakarta, Kamis.

Selain itu, lanjutnya, UKM di Tanah Air juga dinilai mampu menciptakan lapangan kerja lebih banyak daripada usaha-usaha besar.

"Kami harapkan dalam paket-paket ekonomi, UKM ini perlu diakomodasi," kata Irfan dan menambahkan, UKM mampu bertahan dan dapat menggenjot ekspor lebih kuat lagi.

Pemerintah RI juga telah mengharapkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sekitar Rp30 triliun atau sesuai target pada tahun 2015 dapat terserap dan tersalurkan guna membantu sektor UMKM di dalam negeri.

"KUR itu tahun ini harus tersalurkan Rp30 triliun," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada wartawan setelah rapat tentang UMKM di Kantor Wapres di Jakarta, Selasa (25/8).

Menko Perekonomian juga menuturkan, dalam kondisi seperti sekarang ini, penting bagi pemerintah untuk menguatkan UMKM melalui program KUR yang dinilai cukup berarti dalam menolong dan memperbaiki usaha mereka.

Sedangkan Menteri KUKM IGN Puspayoga mengharapkan dalam empat bulan terakhir pada tahun 2015 ini dapat terserap KUR hingga Rp30 triliun seperti yang telah ditargetkan.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015