Palu (ANTARA News) - Dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada Jumat, 4 September, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palu memberikan pelayanan ekstra berupa pemberian cendera mata bagi peserta.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palu Asri Basir di Palu, Kamis mengatakan kegiatan memperingati Hari Pelanggan Nasional tersebut rutin dilakukan serentak di seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Indonesia.

"Tahun ini konsep pelayanan ekstra kami lebih kreatif, karena ada pembagian fresh drink, makanan ringan dan pembagian bunga bagi peserta yang berkunjung ke kantor pada Hari Pelanggan Nasional," ujarnya.

Selain itu, katanya, juga ada pembagian bunga dan pelayanan yang "surprise" bagi peserta dari para pejabat BPJS Ketenagakerjaan.

Dia menambahkan, bulan ini memiliki intensitas peserta yang hendak mengklaim jaminan semakin meningkat jumlahnya, tentu dengan adanya pelayanan yang "surpirse" bisa menjadi simbolisasi pelayanan yang lebih baik lagi bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Asri menjelaskan, terdapat peningkatan jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) meningkat 30 persen sampai 45 persen dibanding tahun sebelumnya. Sehingga jumlah peserta yang datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan juga semakin banyak.

"Meski jumlah peserta yang datang jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu, kualitas pelayanan yang kami berikan tidak berubah dan justru akan lebih baik lagi," tuturnya.

Peringatan Hari Pelanggan Nasional yang dilakukan oleh staf dan pejabat di lingkup BPJS Ketenagakerjaan, mendapat respons yang sangat baik oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sarmini Ahmad, salah satu peserta yang mengajukan klaim JHT yang ditemui Kamis mengungkapkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BPJS ketenagakerjaan dalam rangka hari pelanggan nasional ini sangat baik dan justru tidak disangka, jika bakal ada fresh drink dan pemberian merchandise.

"Kami sebagi peserta sangat berterima kasih, karena manfaat yang kami perioleh sangat besar dan pelayanan yang diberikan sangat baik dan ramah," tuturnya.

BPJS Ketenagakerjaan saat ini menyelenggarakan empat program jamianan sosial bagi pekerja formal dan informal yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Pewarta: Rolex Malaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015