Manfaat berkemah itu sangat banyak dan masih bisa saya rasakan sampai sekarang, contohnya bisa hidup di mana saja dengan keadaan yang terbatas,"
Jakarta (ANTARA News) - Artis Olivia Zalianty menginginkan anggota Pramuka baik Siaga maupun Penggalang memiliki rasa empati dan tenggang rasa sejak kecil melalui kegiatan perkemahan.

"Manfaat berkemah itu sangat banyak dan masih bisa saya rasakan sampai sekarang, contohnya bisa hidup di mana saja dengan keadaan yang terbatas," kata artis yang aktif sebagai anggota Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Infomasi dan Komunikasi itu usai konferensi pers "Indonesia Scouts Challenge" di Gedung Kwarnas Jakarta, Kamis.

Oliv mengatakan kegiatan perkemahan yang biasa diselenggarakan oleh pramuka di setiap sekolah akan menumbuhkan sifat mandiri dan kreatif pada anak ketika mereka tinggal di lingkungan yang asing.

Selain itu, aktris yang aktif menjadi anggota Pramuka ini menceritakan pengalaman berkemah saat SD yang membuatnya bisa mencintai alam meskipun ada keterbatasan MCK di lingkungan tersebut.

"Akhirnya saya terbiasa dan tidak kaget kalau harus hidup di tempat yang tidak diinginkan, jangankan hotel berbintang, MCK saja terbatas," kata artis yang dikenal dalam Serial TV Ada Apa dengan Cinta tersebut.

Selain Oliv, grup vokal remaja CJR, yang dipilih sebagai duta Indonesia Scouts Challenge pun merasakan langsung manfaat positif dari kegiatan Pramuka yang diikuti di sekolah mereka masing-masing.

Iqbal, Kiki, dan Aldy juga menceritakan pengalaman seru mereka saat terlibat dalam Indonesia Scouts Challenge.

"Waktu ikut East Java Scouts Challenge merasakan harus memasak nasi. Karena nggak sabar, nasi yang dimasak masih keras. Menjadi anggota Pramuka harus bisa menekan ego untuk bekerja sama dengan anggota lain," kata salah satu personel CJR, Iqbal.

Untuk menarik minat anak-anak, CJR akan mengajak penggemarnya, yang disebut Comate, untuk aktif mengikuti Pramuka di sekolah.

"Kami akan ajak Comate lewat Twitter dan Facebook untuk ikut Pramuka. Semoga bisa memberi semangat," kata Kiki CJR.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015