Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI berencana membangun tiga terminal bus terpadu di wilayah ibu kota

"Rencananya, pada tahun depan kita akan mulai membangun tiga terminal bus dengan konsep terpadu yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta," kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansah di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, ketiga terminal tersebut direncanakan akan dibangun di sekitar area pemukiman warga, terutama permukiman yang berbentuk rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

"Jadi, nantinya terminal bus tersebut akan terintegrasi dengan rusunawa serta pasar tradisional yang ada di sekitar area terminal. Makanya, konsep yang kita gunakan adalah terminal bus terpadu," ujar Andri.

Dia menuturkan, ketiga terminal bus terpadu yang akan dibangun itu, antara lain Terminal Tanah Merdeka, Terminal Rawa Buaya, dan terminal di kawasan Dermaga Kali Adem.

"Dalam pembangunan terminal ini, Dishubtrans DKI hanya membuat desain dari terminalnya saja. Lalu, setelah pembangunannya rampung, kami bertanggung jawab untuk pengaturan di terminal-terminal itu," tutur Andri.

Selain Dishubtrans, sambung dia, pihak lain yang juga dilibatkan dalam pembangunan terminal itu adalah Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta yang bertanggung jawab dalam pembuatan desain integrasi terminal dan hunian warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Adji mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menyiapkan desain integrasi terminal tersebut.

"Nantinya, posisi terminal akan berada dekat dengan hunian Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sehingga, warga bisa memperoleh akses transportasi dengan lebih mudah," kata Ika.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015